Ticker

6/recent/ticker-posts

Galeri Foto Adat Saurmatua Inang S Br Nainggolan Lumban Siantar (Op Ernita) Ibunda Dari Sairon Sinaga Ketua Wilayah PPTSB Sumut 1

Adat Saurmatua. Selamat Jalan Ibu S. Br. Nainggolan Lumban Siantar, Ibunda dari Sairon Sinaga ( Wakil Ketua Umum PPTSB Pusat, Ketua Wilayah PPTSB Sumut 1) di Dusun Sidodadi Desa Gajah Kabupaten Asahan, Senin 24 Juni 2024. (Foto-Foto By: Bp Marihot Sinaga)

Asahan-Pesta Adat Saurmatua Inang Saria Br Nainggolan Lumban Siantar (Op Ernita Boru),Ibunda dari Sairon Sinaga (Wakil Ketua Umum PPTSB Pusat dan Ketua Wilayah PPTSB Sumut 1) di Dusun Sidodadi Desa Gajah Kabupaten Asahan, Selasa 25 Juni 2024 berjalan dengan baik.

Keluarga besar Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru (PPTSB) Se Indonesia Berdukacita atas Berpulangnya Inang S Br Nainggolan (Op.Ernita), Ibunda dari Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Sumatera Utara (Sumut) I Sairon Sinaga dan ibunda dari Santo Sinaga (Pak Iwan), Kamis (20/6/2024) Sekira Pukul 08.00 WIB. Tutup Usia 89 Tahun. Inang Saria Br Nainggolan Lumban Siantar lahir 18 Desember 1934 dan Tutup Usia Kamis 20 Juni 2024.



Jenazah inang natahaholongi Alm. S. Br. Nainggolan (Op. Ernita Boru) diusung ke Rumah Duka di Sukajadi,  Desa Gajah Kabupaten Asahan dengan Ambulance Toga Sinaga, Kamis sore. Acara  Adat Saurmatua dan Adat Partuatna hari Selasa 25 Juni 2024 di Sukajadi Desa Gajah, Kabupaten Asahan, Sumut. Dimakamkan di Desa Lontung, Kabupaten Samosir.

Prosesi Adat Saurmatua ini diabadikan oleh Bp Marihot Sinaga, Infokom PPTSB Sumut I dan dibagikan di GWA PPTSB Wilayah, Cabang se Indonesia, Selasa (25/6/2024).

Ratusan orang hadiri Acara Adat Pemberangkatan Saurmatua Ibunda Sairon Sinaga.

Desa Gajah Asahan

Pemberangkatan Acara Adat Saurmatua SARIA BR. NAINGGOLAN LUMBABAN SIANTAR (Op.Ernita boru) Ibunda Tercinta Sairon Sinaga Ketua Parsadaan Pomparan Toga Sinaga dohot Boru (PPTSB) wilayah Sumut I Medan, Selasa 25 Juni 2024 di Desa Gajah Asahan berlangsung lancar dan hikmad.

Saria Br. Nainggolan Lumban Siantar (Op.Ernita boru) Ibunda Sairon Sinaga lahir 18 Desember 1934 dihuta Lottung Samosir  meninggal dengan tenang 20 Juni 2024. Tutup Usia 89 tahun 6 bulan (kurang lebih 90 tahun).

Meninggalkan 4 Anak laki-laki dan 4 anak perempuan jumlah seluruhnya Anak, Parumaen, hela, cucu dan cicit 71 Orang. 
\
Semasa hidup rajin ke geraja dan adat istiadat, Acara Adat Pemberangkatan menurut Adat Batak Toba di Namai Adat Saurmatua, karena seluruh anaknya sudah nikah dan berketurunan dan sebagai boanna istilah batak Horbo/Lombu untuk Parjambaron acara Adat Saurmatua Saria, di Kebumikan tempat peristirahatan terakhir Huta Lottung Samosir, Rabu (26/6/2024).

Acara Adat Saurmatua ini terlaksana berjalan lancar dengan baik, tak ada satu pun yang kurang sesuai adat Batak Toba, dengan tata cara adat pihak keluarga yang berduka menerima Nasehat dan kata-kata penghiburan serta doa berkat dari pihak hula-hula membawa Boras   Pir kepada  pihak boru (yang berduka).

Beras yang diberikan sebagai lambang adat Batak, dalam arti bahasa Batak Pirma Pokki Bahul-Bahul Passalongan PirmaTtondi muna luju-luju ma pangompan dan Ulos batak lambang Batak Toba  diberikan kepada keluarga yang di tinggal Almarhumah. 

Yang artinya melalui Ulos Batak ini diberikan kepada keluarga yang berduka kedepan menjadi keluarga yang besar dan panjang umur serta sehat-sehat dan mudah rezeki di doakan oleh pihak Hula-Hula.

Sebagai balas Adat yang diberi Hula-hula Pihak yang berduka {boru) memberikan  Jambar, minuman dan Uang sebagai terima kasih kepada pihak Hula-hula dengan manottor dihibur Musik Gondang Batak/Keyboad  dan terompet.

Begitu berjalan sampai pihak Hula-Hula acaranya habis. Dan pihak dari Boru Sinaga Manottor sambil memberikan sumbagan sebagai turut mendukung beban Hula-Hulanya Sinaga.

Di sela-sela acara berjalan, kami menemui salah satu warga penduduk Desa Gajah di tempat acara adat kepada Wartawan mengatakan baru kali ini Acara Adat Saurmatua  di Desa Gajah ini Ramai dihadiri orang kalau kita lihat hampir ribuan orang yang datang  ke Acara Adat Saurmatua Oppung ini.

Paling Kagum Saya, kalau ada acara Adat yang meninggal dan pesta kawin Papan bunga paling banyak 10 Papan bunga, Hari ini Pemberangkatan Adat Saurmatua  Oppung ini ucapan turut berduka papan bunga berjejer dijalan panjangnya satu kilometer jumlahnya ratusan, membuat suasana Ramai. 

Beliau berkata, kalau keluarga Opung ini datang berkunjung/pulang ke Desa Gajah ini walau Naik Mobil mewah sepanjang jalan buka kaca mobil dan menyapa orang yang dilewatinya dan tak lupa memberikan sedikit rezekinya. 

Itu lah bang selalu terjadi. dan Anak Oppung yang meninggal ini sopan, ramah dan baik. Doa Saya Tuhan Yesus memberi tempat peristirahatan  yaitu Surga yang Kudus untuk Oppung boru ini kelak.

Pada kesempatan  acara adat saurmatua PPTSB se- Dunia memberikan kata-kata penghiburan dan pengurus PPTSB se-Dunia, PPTSB wilayah Sumut I dan wilayah Sumut II, PPTSB seluruh Cabang Sumut I dan II.serta PPTSB sektor Desa gajah turut memberikan kata-kata penghiburan.

Acara Adat saurmatua ini di hadiri Camat Kecamatan Meranti dan seluruh Kades Se Kecamatan Meranti, dan seluruh jajaran pengurus PPTSB Pusat, PPTSB Wil. Sumut I dan II serta Pengurus Cabang. (Infokom/AsenkLeeSaragih/Marihot Sinaga)  






















































































































































































































Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar