Ticker

6/recent/ticker-posts

Kehadiran “Ketua Besar” Dan Semangat Optimisme Pengurus PPTSB Sumsel

Foto By: Asenk Lee Saragih


Palembang-Kehadiran “Ketua Besar” Toga Sinaga di Pelantikan Pengurus Wilayah Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru (PPTSB) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) membawa semangat optimisme bagi pengurus PPTSB Sumsel. Penyertaan “Sahala Ompung” Toga Sinaga memberikan kekuatan dan semangat tak berkesudahan untuk memajukan keluarga PPTSB.

Lalu siapa sebenarnya “Ketua Besar” itu? Sejak Penulis melakukan liputan-liputan kegiatan PPTSB, nama “Ketua Besar” kerap terdengar. Lalu timbul pertayaan kepada disebut “Ketua Besar”? Padahal postur orangnya ideal saja. 

Ternyata julukan “Ketua Besar” itu ditujukan kepada Sairon Sinaga (Op Tirstan Sinaga) yang tinggal di Jl Rispa Kota Medan. “Ketua Besar” Sairon Sinaga didampingi istri tercinta Br Nainggolan ini hadir di Kota Palembang menghadiri undangan Pelantikan Pengurus PPTSB Provinsi Sumsel Periode 2023-2027, Jumat-Sabtu-Minggu (10, 11, 12/ 3/2023). 

Dirinya hadir sebagai Wakil Ketua Umum I PPTSB Pusat. Sairon Sinaga juga menjabat sebagai Ketua Wilayah PPTSB Sumut I yang wilayahnya mencakup 1  PPTSB Cabang Medan Kota,  2. Cabang Medan Timur Perjuangan, 3. Cabang Medan Barat, 4. Cabang Medan Amplas, 5. Cabang Medan Utara, 6. Cabang Medan Polonia, 7. Cabang Medan Serdang, 8. Cabang Sunggal, 9. Cabang Binjai, 10. Cabang Langkat, 11. Cabang Sergei, 12. Cabang Deliserdang dan 13. Cabang Tebing Tinggi.

“Tidak ada ruginya yang “mar” PPTSB ini. Itu saya alami sendiri. Latar belakang saya hanya pensiunan TNI berpangkat Kopral. Saat ini saya sudah memiliki cucu 9 orang. Semua anak saya jadi dan baik-baik. Ini bukan untuk pamer, tapi saya mengatakan ini sebagai ucapan syukur bahwa berkat Tuhan itu terus mengalir. Saya tidak pernah merasa rugi untuk keluarga PPTSB ini,” ujar Sairon Sinaga pada acara diskusi ringan di Restoran Hotel Amaris Palembang, Jumat malam (10/3/2023). 

Diskusi ringan penuh makna ini dihadiri Ketua Umum PPTSB Pusat Ir Edison Sinaga/ Br Siagian (Jakarta) Wakil Ketua Umum I Saeron Sinaga/ Br Nainggolan (Medan), Wakil Ketua Umum II Drs Albertus Sinaga MPd/ Br Bakara (Jambi), Wakil Ketua Umum III Elianto Sinaga/ Br Simangunsong (Jakarta), Wakil Sekjen Mangaranap Sinaga, Bendahara II Drs Marulak Sinaga/ St Br Manihuruk (Jakarta), Sekretaris I Dixson Sinaga (Bekasi), Ketua Bidang OKK Tony Sinaga (Medan), Ketua Bidang Ekonomi dan Pengembangan Usaha Eduard Ihot Tua Sinaga, Ssi/ Rismawati Br Ginting, Ketua Wilayah terpilih PPTSB Sumsel drg Dedy Haryanto Sinaga/ Br Simatupang dan jajaran.

Sairon Sinaga terpilih sebagai Kewil PPTSB Sumut I pada pelaksanaan Musyawarah Wilayah (Muswil) Ke 3 PPTSB Wilayah Sumut1, di Nagaya Live Musik, Jumat (1/10/2021). Saat itu Sairon Sinaga terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Wilayah PPTSB Sumut 1 menggantikan JR Sinaga yang sudah berakhir masa kepemimpinannya.

“Selamat dan sukses untuk ketua besar Sairon Sinaga (Op.Tristian) yang telah mendapat kepercayaan dan amanah menjadi Ketua PPTSB Wiliyah-I Sumut. Kiranya Tuhan menolong untuk meneruskan perjuangan angginiba JR Sinaga yang telah banyak berbuat memajukan PPTSB tidak hanya di Sumatera Utara tetapi diseluruh Indonesia. Sukses abang da ! Tuhan memberkati!,” tulis Ketua Departemen Infokom PPTSB Pusat sekaligus Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd saat itu.

Kembali ke diskusi ringan penuh makna Tokoh PPTSB di Kota Palembang Jumat pekan lalu. Pada diskusi itu, Sairon Sinaga memberikan apresiasi dan motivasi kepada Pengurus PPTSB Sumsel agar serius dan memberikan hati untuk keluarga PPTSB. 

“Selamatlah kepada seluruh pengurus PPTSB Sumsel. Luar biasa yang “mar” PPTSB ini. Saya bisa keliling Indonesia dan bertemu dengan Dongan Tubu Sinaga dan keluarga PPTSB. Tentunya ini karena PPTSB. Saya berharap PPTSB di Sumsel ini semakin besar dan sejahtera,” kata Sairon Sinaga.

Sairon Sinaga juga mengapresiasi Kewil PPTSB Sumsel dua periode, Eduard Ihot Tua Sinaga, Ssi/ Rismawati Br Ginting yang telah sukses membesarkan PPTSB Sumsel dan pengkaderan tokoh Sinaga sebagai estafet kepemimpinan kepada drg Dedy Haryanto Sinaga/ Br Simatupang (A Mangara).

Jiwa militansi Sairon Sinaga ini untuk organisasi PPTSB tak diragukan lagi. Mengabdikan diri tanpa pamrih dengan ikhlas untuk PPTSB telah dimulainya sejak lama. Ikut terpanggil dalam pengembangan organisasi PPTSB, dimulai dari PPTSB Kota Medan hingga menjabat sebagai Ketua I PPTSB Pusat.

Dalam benak Penulis, masih saja terbesit kenapa muncul julukan “Ketua Besar” kepada Sairon Sinaga. Dalam perjalanan Palembang-Jambi, Penulis bertanya kepada Drs Albertus Sinaga (Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi) yang dibelakangnya ada Tigor Sinaga (Sekretaris PPTSB Jambi). 

“Julukan “Ketua Besar” kepada Sairon Sinaga sudah sejak dulu. Apalagi di Kota Medan dan lingkungan keluarga PPTSB. Munculnya julukan itu, bukan tanpa arti. Sairon Sinaga itu jiwa sosialnya besar, teruntuk keluarga PPTSB. Sudah banyak yang dibantunya PPTSB. Seperti halnya dilakukan Ketua Dewan Pembina PPTSB Pusat Ompung Partogi (Mangihut Sinaga/ dra L Br Napitupulu). Jadi julukan “Ketua Besar” itu memang nyata, tak sekedar julukan, tapi penuh makna karena jiwa sosialnya yang besar melekat pada Sairon Sinaga,” ujar Drs Albertus Sinaga. 

Kata Albertus Sinaga, sosok Sairon Sinaga, seorang Tokoh Toga Sinaga yang unik. Tidak banyak bicara, namun lebih banyak kepada aksi nyata. “Kita boleh melihat sejak dia menjabat Kewil PPTSB Sumut I, seluruh kegiatan cabang-cabang PPTSB Sumut I dihadirinya. Bukan sekadar menghadiri saja, namun tetap memberikan donasi yang cukup luar biasa,” kata Drs Albertus Sinaga, yang kali kedua periode menjabat Kewil PPTSB Provinsi Jambi ini.

Terjawab sudah julukan “Ketua Besar” itu melakat pada Sairon Sinaga. Ternyata bukan karena postor tubuh yang besar, namun jiwa sosialnya yang besar dan peduli. Tetaplah menjadi ‘Ketua Besar” untuk kebanggaan keluarga besar PPTSb se Dunia. 

“Horas Bera, lupa adong utangku tuho tingki na Mubes XV PPTSB di Kota Medan Oktober 2022 lalu. Saya tidak sempat jumpa. Semangat da Bera dan sehat-sehat,” kata Ketua Besar Sairon Sinaga menyapa Penulis di Restoran Hotel Amaris Palembang, jumat malam (10/3/2023) sembari memberikan salam tempel yang tak terduga oleh Penulis.

Penampilan ciri khas “Ketua Besar” Sairon Sinaga ini adalah sebuah gelang emas melingkar di pergelangan tangan sebelah kiri dan selalu tapil dengan elegan dan tak lupa “ditemani” rokok di tangan.

Saat menghadiri undangan PPTSB, selalu tampil membawakan lagu kesukaan berjudul “BOASA IKKON PAJUMPANG” Ciptaan Benny Panjaitan yang dipopulerkan PANBERS dan dirilis kembali oleh Joy Tobing. Demikian juga saat di Pelantikan Pengurus PPTSB Provinsi Sumsel yang Trio dengan Ketum PPTSB Pusat Ir Edison Sinaga dan Kewil PPTSB Sumsel drg Dedy H Sinaga yang mampu mengumpulkan donasi lelang lagu itu Rp 50 Juta. (Asenk Lee Saragih/Infokom)


Galeri Foto Ketua Besar Sairon Sinaga/ Br Nainggolan di Palembang

Ketua Umum Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru (PPTSB) Pusat Ir Edison Sinaga, Wakil Ketua Umum I Sairon Sinaga, Wakil Ketua Umum II Drs Albertus Sinaga dan III  saat pelantikan Pengurus Wilayah PPTSB Provinsi Sumsel Periode 2023-2027 yang dilaksanakan di Jambur Sopo Godang De Premium, Kota Palembang, Sumsel, Sabtu 11 Maret 2023. 



Diskusi Ringan di Restoran Hotel Almaris Palembang, Jumat malam (10/3/2023). (Foto By: Asenk Lee Saragih.













Ketua Besar Sairon Sinaga saat hadir di pelantikan Pengurus Wilayah PPTSB Provinsi Sumsel Periode 2023-2027 yang dilaksanakan di Jambur Sopo Godang De Premium, Kota Palembang, Sumsel, Sabtu 11 Maret 2023. 














Trio Sinaga (drg Dedy H Sinaga-Edison Sinaga-Sairon Sinaga) Pada pelantikan Pengurus Wilayah PPTSB Provinsi Sumsel Periode 2023-2027 yang dilaksanakan di Jambur Sopo Godang De Premium, Kota Palembang, Sumsel, Sabtu 11 Maret 2023. 







(Kiri-ke kanan)Wakil Ketua Umum III Elianto Sinaga/ Br Simangunsong (Jakarta), Wakil Ketua Umum II Drs Albertus Sinaga MPd/ Br Bakara (Jambi),  Ketua Umum PPTSB Pusat Ir Edison Sinaga/ Br Siagian (Jakarta) , Wakil Ketua Umum I Saeron Sinaga/ Br Nainggolan (Medan). (Foto Dixson Sinaga)

(Kiri-ke kanan)Wakil Ketua Umum III Elianto Sinaga/ Br Simangunsong (Jakarta), Wakil Ketua Umum II Drs Albertus Sinaga MPd/ Br Bakara (Jambi),  Ketua Umum PPTSB Pusat Ir Edison Sinaga/ Br Siagian (Jakarta) , Wakil Ketua Umum I Saeron Sinaga/ Br Nainggolan (Medan). (Foto Dixson Sinaga)

(Kiri-ke kanan)Wakil Ketua Umum III Elianto Sinaga/ Br Simangunsong (Jakarta), Wakil Ketua Umum II Drs Albertus Sinaga MPd/ Br Bakara (Jambi),  Ketua Umum PPTSB Pusat Ir Edison Sinaga/ Br Siagian (Jakarta) , Wakil Ketua Umum I Saeron Sinaga/ Br Nainggolan (Medan). (Foto Dixson Sinaga)

(Kiri-ke kanan)Wakil Ketua Umum III Elianto Sinaga/ Br Simangunsong (Jakarta), Wakil Ketua Umum II Drs Albertus Sinaga MPd/ Br Bakara (Jambi),  Ketua Umum PPTSB Pusat Ir Edison Sinaga/ Br Siagian (Jakarta) , Wakil Ketua Umum I Saeron Sinaga/ Br Nainggolan (Medan). (Foto Dixson Sinaga)

Jamuan Makan malam di Resto Pinggir Sungai Musi Palembang, Sabtu (11/3/2023).








Kongkow Pagi di Resto Amaris Hotel Palembang, Minggu (12/3/2023) sebelum berpisah dan pulang ke daerah masing-masing.





Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar