. Hasil Final F1H2O Balige Toba 2023 | PPTSB JAMBI
Home » , , , » Hasil Final F1H2O Balige Toba 2023

Hasil Final F1H2O Balige Toba 2023

Written By PPTSB JAMBI on Senin, 27 Februari 2023 | 07.45

Sepanjang Kariernya F1 Powerboat alias F1H2O Toba Menghasilkan Pembalap Stromoy Racing Team, Bartek Marszalek, sebagai juara Grand Prix Indonesia.


Balige- Balap kapal cepat (F1 Powerboat alias F1H2O) Balige, Toba, Indonesia menghasilkan pembalap Stromoy Racing Team, Bartek Marszalek, sebagai juara Grand Prix Indonesia. F1 Powerboat Toba digelar di Danau Toba, Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, Minggu (26/2/2023) siang WIB. 

Pembalap tim The Stromoy Racing, Bartek Marszalek, meraih gelar juara pertama sepanjang kariernya pada F1 Powerboat Toba. Marszalek sukses mengonversi pole position pertamanya menjadi gelar juara di GP Indonesia. 

"Perasaan yang sangat fantastis bisa memenangi balapan. Saya sangat menikmati ini. Cuacanya sangat sempurna pada pagi hari saat kualifikasi dan kami juga punya banyak penonton di tepi pantai. Banyak sambutan ramah memberi saya kekuatan tambahan. Saya merasa sangat bagus di atas kapal," ujar Marszalek dilansir dari laman F1H2O. 

Sami Selio dari tim The Sharjah menempati posisi kedua dan Erik Stark dari Victory Team melengkapi podium di tempat ketiga. Balapan berlangsung seru dalam F1 Powerboat Toba yang digelar dalam 18 lap tersebut. 

Marszalek meraih pole position setelah catatan Shaun Torrente yang tercepat di sesi kualifikasi dibatalkan. Pada pertengahan balapan Marszalek unggul 3,29 detik atas Selio yang menempati posisi kedua pada pertengahan balapan.

Bendera kuning sempat berkibar saat balapan menyisakan empat putaran. Penyebabnya, kapal yang ditumpangi pembalap asal Belanda Ferdinan Zandbergen terguling. Saat balapan dilanjutkan, Marszalek terus memimpin dan menjaga jarak dengan pembalap di belakangnya. 

Puji Karakteristik Air Danau Toba

Setelah Bartek Marszalek berhasil menjadi juara F1H2O Danau Toba 2023, dia pun memuji arena balap di Danau Toba yang menurutnya berbeda dibanding lokasi biasanya.

Bartek menyebutkan, sangat menyukai karakteristik Danau Toba sejak awal mengendarai superboat miliknya di atas danau.

“Air (Danau Toba) di sini sangat bagus. Aku sangat suka airnya, aku rasakan sejak lap pertama. Aku bilang 'Wow', kita biasanya balap di air asin, tapi aku lebih milih jenis air Danau Toba ini. Sejak hari ini, air favoritku adalah Danau Toba," ungkap Bartek, Minggu (26/2/2023).

Menariknya, kemenangan Bartek di Danau Toba ini menjadi kemenangan perdana baginya sejak debut di F1H2O tahun 2011 dengan menduduki klasemen terakhir. Kemudian pada musim lalu, dirinya menduduki posisi ke 7.

"Ini kemenangan perdanaku di negara yang indah dengan orang-orang terbaik di sini. Saya menantikan untuk kompetisi berikutnya di Danau Toba," ujarnya.

Presiden Jokowi Apresiasi

Sementara Presiden Jokowi mengapresiasi F1H2O. Dalam postingan Instagramnya, Jokowi mengaku seru dan menikmati balap kapal cepat ini.

Dilihat dari postingan Instagram terbarunya, Minggu (26/2/2023) Presiden Jokowi mengatakan saat ini sedang berada di Balige, Sumatera Utara untuk menonton balap kapal cepat F1H2O. Dalam postingannya, Jokowi sepertinya menikmati perlombaan.

"Tiba di Kabupaten Toba, Sumatra Utara, siang tadi dan langsung menuju podium di pinggir Danau Toba. Podium? Ya, kedatangan saya di Kabupaten Toba untuk menyaksikan Kejuaraan Dunia F1H2O Powerboat, kejuaraan perahu balap dengan satu kursi yang digelar oleh Union Internationale Motonautique (UIM).

Balapannya sungguh seru. Saya juga baru pertama kali menonton F1 Powerboat yang diikuti 10 tim dengan 20 pembalap ini. Akhirnya, keluar sebagai juara pertama adalah Bartek Marszalek dari tim Strømøy Racing F1H2O, yang mengawali lomba dari posisi terdepan. Posisi kedua diduduki Sami Seliö dari tim Sharjah dan posisi ketiga Eric Stark dari tim Victory," tulisnya.

Jokowi juga memberi selamat kepada para pemenang F1H2O. Serta memberikan informasi bahwa seri selanjutnya akan diadakan di Tiongkok.

"Ada juga satu peserta wanita, Marit Stromoy, dari Norwegia. Rupanya, selain pembalap Powerboat, dia juga seorang penyanyi. Selamat kepada para juara. Lomba di Danau Toba ini baru seri pertama dari delapan seri internasional kejuaraan tahun 2023. Setelah Indonesia, seri selanjutnya akan digelar di Tiongkok," lanjut Jokowi dalam captionnya.

Dikutip dari detikSumut, Jokowi hadir bersama Ibu Negara, Iriana. Kedatangan Jokowi ini disambut sejumlah pejabat yang ada di Sumut.

"Sudah jam 12 tadi," kata Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Minggu (26/2/2023). Nikson merupakan salah satu pejabat yang turut menyambut Jokowi di Bandara Silangit.

Sejumlah pejabat sebelumnya juga telah hadir di Kabupaten Toba sebagai lokasi F1H20. Antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Ketua DPR Puan Maharani.

Berikut hasil F1 Powerboat Toba GP Indonesia 

1. Bartek Marszalek - Stromoy Racing Team: 18 laps 
2. Sami Selio - Sharjah Team: +1.97 detik 
3. Erik Stark - Victory Team: +3.26 detik 
4. Peter Morin - China CTIC Team: +4.18 detik 
5. Thani Al-Qemzi - Team Abu Dhabi: +5.87 detik 
6. Ahmed Al-Fahim - Victory Team: +7.67 detik 
7. Brent Dillard - China CTIC Team: +10.18 detik 
8. Filip Roms - Gillman Racing: +12.09 detik 
9. Jonas Andersson - Team Sweden: +13.66 detik 
10. Shaun Torrente - Team Abu Dhabi: +1 lap 
11. Alexandre Bourgeot - Maverick Racing: +1 lap 
12. Alberto Comparato - Comparato F1: +1 lap behind 
13. Cedric Deguisne - Maverick Racing: +1 lap 
14. Kalle Viippo - Team Sweden: +1 lap 
15. Duarte Benavente - F1 Atlantic Team: +1 lap 
16. Ferdinand Zandbergen - Sharjah Team: DNF 
17. Ben Jelf - F1 Atlantic Team: DNF 
18. Marit Stromoy - Stromoy Racing Team: DNF 
19. Brock Cohen - Comparato F1: DNF 
20. Alec Weckstrom - Gillman Racing: DNF.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PPTSB JAMBI | | Copyright © 2012. PPTSB JAMBI -Komunitas PPTSB WILAYAH JAMBI