Home » , , , , » Rindu Bangun Kampung Halaman, Mangihut Sinaga Maju Balon Bupati Samosir

Rindu Bangun Kampung Halaman, Mangihut Sinaga Maju Balon Bupati Samosir

Written By PPTSB JAMBI on Sabtu, 02 November 2019 | 14.43

Mangihut Sinaga SH M Hum. (Foto Dok Asenk Lee Saragih)
Samosir-Mangihut Sinaga SH M Hum maju dalan bursa bakal calon (Balon) Bupati Samosir pada Pilkada Samosir September 2020 mendatang. Hal itu diniatkan Mangihut Sinaga karena kerinduan yang mendalam untuk melakukan perubahan dengan perbaikan pembangunan serta peningkatan kesejahteraan rakyat Samosir kedepannya. 

Mangihut Sinaga serius maju untuk turut sebagai kontestan pemilihan kepala daerah Kabupaten Samosir Tahun 2020. Mangihut Sinaga merupakan pejabat di Kejaksaan Agung menjabat sebagai Inspektur V pada Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan.

Pantas Maroha Sinaga, juru bicara sekaligus keluarga dekat Mangihut Sinaga kepada wartawan di Desa Parlondut, Pangururan, Kabupaten Samosir mengatakan, keinginan untuk mengabdikan dirinya kepada masyarakat Samosir dengan mencalonkan diri sebagai Bupati Samosir menjadi tekad Mangihut Sinaga.

Sebagai bentuk keseriusan Ketua Umum PPTSB (Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Dohot Boruna) seluruh Indonesia ini, beberapa hari lalu secara resmi sudah mendaftar ke DPW Partai NasDem Sumatera Utara sebagai Bakal Calon Bupati Samosir.

Pantas Sinaga yang turut mendampingi mengatakan pada hari terakhir pendaftaran, Rabu, 23 Oktober 2019 lalu Mangihut Sinaga mendaftar ke DPW Partai NasDem Sumatera Utara yang diterima langsung Ketua DPW NasDem Sumut, Iskandar serta berkasnya telah dinyatakan lengkap.
Mangihut Sinaga SH MH (ketiga dari kiri) didampingi Pengurus PPTSB Pusat (Dr Timbul Sinaga, Eduward Sinaga) yang  selama ini telah sukses mengemban tugas sebagai Kejati NTT dan Kejati Sulut ingin mengabdi pada kampung halaman urat Samosir serta berhasrat membuat kab Samosir ke yang lebih baik dan bermartabat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat Samosir kedepannya.semoga masyarakat Samosir bisa bersama sama dengan beliau untuk melakukan perubahan pembangunan di Kabupaten Samosir kearah yang lebih baik. (Foto Istimewa)

Disinggung pertemuan Mangihut Sinaga dengan beberapa putra-putri Samosir di Jakarta, dirinya mengatakan pertemuan itu silahturahmi sesama bakal calon kuat yang berkeinginan maju pada pilkada 2020.

“Yang pasti pertemuan putra-putri Samosir ini mempunyai keinginan mulia untuk melayani dan mensejahterakan warga Samosir dengan cara maju menjadi calon bupati," katanya.

Disebutkan, pertemuan itu, putra-putri Samosir tersebut bersepakat mewujudkan pilkada head to head yang damai dan berintegritas. Sehingga hal ini mengubah peta politik yang ada serta memberikan harapan yang baru akan lahirnya suksesi pemimpin yang terbaik di Samosir.

Bahkan menurutnya, tindakan lanjut pertemuan yang berlangsung di Hotel Ciputra Cibubur pada Jumat, (18/10/2019) lalu yang diinisiasi Josmar Naibaho, dalam waktu dekat kelima putra Samosir tersebut sepakat akan membuat dan menandatangani sebuah agreement atau perjanjian untuk menindaklanjuti kesepakatan awal tersebut.

“Nantinya pasangan calon yang disepakati maju tergantung tiga parameter yang pertama elektabilitas, dukungan partai politik serta parameter ketiga yaitu soal political cost (logistik) yang harus ditanggung oleh calon tersebut," tutup Pantas Sinaga.

Partai Gerindra

 Beberapa hari setelah pembukaan pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Samosir periode 2021-2026 di DPC Partai Gerindra Kabupaten Samosir, Mangihut Sinaga menjadi orang pertama yang mengambil berkas pendaftaran.

Hal tersebut terlihat di sekretariat DPC Partai Gerindra Kabupaten Samosir, yang beralamat di Lumban Manik, Desa Lumban Suhi Toruan, Kecamatan Pangururan, Jumat, 25 Oktober 2019, sekitar pukul 10.00 WIB.

Pengambilan formulir pendaftaran Ketua Umum PPTSB seluruh Indonesia ini diwakilkan oleh Ridwan Sinaga bersama sejumlah simpatisan yang diterima oleh tim pendaftaran DPC Partai Gerindra Kabupaten Samosir.

Ketua pendaftaran, Saurtua Silalahi membenarkan bahwa Mangihut Sinaga merupakan bakal calon yang pertama mengambil formulir pendaftaran sejak dibukanya penjaringan sejak sepekan lalu.

“Mangihut Sinaga mendaftar sebagai bakal calon bupati Samosir. Berkas pendaftarannya sudah kami serahkan langsung kepada perwakilannya untuk selanjutnya dilengkapi dan diserahkan sampai batas waktu yang sudah ditentukan," katanya.

Kata Saur, DPD Gerindra Kabupaten Samosir mulai melakukan penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Samosir yang akan bertarung di Pilkada Samosir 2020. Pendaftaran dibuka mulai 19 Oktober sampai 03 November 2019.

Pendaftaran ini terbuka bagi masyarakat yang merasa terpanggil untuk berkontribusi dan menjadi pelayan masyarakat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Samosir.

“Penjaringan bakal calon bupati/wakil bupati ini untuk mencari figur putra-putri terbaik Samosir yang memiliki visi membangun Samosir bersama Gerinda," ujarnya.

Disebutkan, adapun tahapan penjaringan setelah pendaftaran ditutup Minggu 3 November 2019, selanjutnya DPC Gerindra akan memeriksa kelengkapan administrasi balon. Yang selanjutnya tanggal 5 hingga 8 November 2019 adalah pemaparan visi dan misi bakal calon.

“Sedangkan pada tanggal 9 hingga 12 November 2019 adalah penyampaian berkas ke DPD. Setelah tahapan di DPD, nantinya pada 5 sampai 12 Januari 2020 penyerahan berkas ke badan seleksi DPP Gerindra diseleksi dan direkomendasikan calon yang bakal diusung," katanya.

Dia menegaskan bahwa Gerindra tidak memunggut biaya sepeserpun baik dalam proses penjaringan hingga turunnya rekomendasi alias gratis.

Sebagaimana diketahui, Partai Gerindra hanya mengirimkan 2 orang perwakilannya ke kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Samosir.

Sesuai undang-undang pilkada, posisi Partai Gerindra Kabupaten Samosir perlu bergabung dengan parpol lain untuk mengusung calon sendiri.

Membangun Bonapasogit

Mangihut Sinaga didampingi simpatisan saat mengembalikan formulir pendaftaran ke panitia penjaringan DPC Partai Gerindra Kabupaten Samosir. (Foto Istimewa)
Pada Jumat siang (1/11/2019) sekira pukul 13.00 WIB, Mangihut Sinaga resmi mendaftarkan diri ke Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Samosir sebagai bakal calon bupati daerah tersebut.

Mangihut Sinaga yang merupakan pejabat di Kejaksaan Agung menjabat sebagai Inspektur V pada Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan, ini datang ke Sekretariat Gerindra dengan didampingi puluhan simpatisannya.

Pengembalian formulir pendaftaran Mangihut tersebut diterima langsung oleh Ketua Penjaringan, Saur Tua Silalahi dan anggotanya serta disaksikan oleh Ketua DPC Partai Gerindra, Mardan Sihotang.

Usai mendaftar, kepada wartawan, Mangihut Sinaga mengatakan majunya dirinya untuk menjadi salah satu kontestan Pilkada Samosir 2020, karena terpanggil untuk membangun dan membenahi pembangunan di bona pasogit demi kemajuan yang lebih baik.

Selain itu, Dirinya juga terdorong karena mendapat dukungan dari sejumlah pihak terutama kalangan marga Sinaga. Sehingga semakin membulatkan niat dan komitmennya untuk ikut berkontestasi.

Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara ini menyadari betul bahwa membangun Kabupaten Samosir tidak bisa sendirian. Oleh karena itu, dirinya mengaku akan melakukan konsolidasi politik serta membangun koalisi dengan partai-partai yang belum memiliki calon untuk berjuang bersama membangun Kabupaten Samosir.

“Hari ini adalah partai kedua saya mendaftar. Selain di Gerindra, saya juga mendaftar di Partai Nasdem. Dan bila sudah buka pendaftaran, saya juga akan mendaftar di partai lainnya yang ada di Kabupaten Samosir ini," ujarnya.

Seusai mendaftarkan diri ke Partai Gerindra, Mangihut Sinaga bersama rombongan bergerak menuju Rianiate tepatnya ke Wisma Op. Rimdo guna mengikuti pemaparan visi misi bakal calon dari Partai Nasdem.

Sementara itu, Ketua Pendaftaran DPC Partai Gerindra mengatakan, hingga H-2 penutupan pendaftaran sejak dibuka 19 Oktober 2019 dan berakhir 3 November 2019, masih dua balon yang sudah mengembalikan formulir pendaftaran.

“Yang sudah resmi mendaftar ke Partai Gerindra yakni Vandico Gultom dan Mangihut Sinaga. Keduanya mendaftar sebagai bakal calon bupati," terangnya.

Semoga Mangihut Sinaga dapat mewujudkan Samosir sebagai daerah wisata andalan di sekeliling Danau Toba untuk mensejehterakan masyarakat. Dukungan dari PPTSB se Indonesia juga sebagai motivasi dan komitmen Mangihut Sinaga maju sebagai Balon Bupati Samosir. Semoga. (Berbagaisumber/Asenk Lee)
 
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

12 Desember 2019 10.09

Semoga Tuhan memberkati rencanani Tulang.

Posting Komentar

 
Support : PPTSB JAMBI | | Copyright © 2012. PPTSB JAMBI -Komunitas PPTSB WILAYAH JAMBI