Ticker

6/recent/ticker-posts

Jarusdin Sinaga, Anggota DPRD Kabupaten Simalungun “Termahal”

Jarusdin Sinaga, Anggota DPRD Kabupaten Simalungun “Termahal” Dimata Pemilih Pamatang Silimakuta.
Hutaimbaru-Jarusdin Sinaga menjadi Anggota DPRD Kabupaten Simalungun “termahal” bagi pemilih di Kecamatan Pamatang Silimahuta, Kabupaten Simalungun pada Pileg Rabu 17 April 2019 lalu. Kok bisa “termahal”? 

St Berlin Manihuruk punya alasannya. St Berlin Manihuruk adalah Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Dusun Hutaimbaru, Desa Sibangun Mariah, Kecamatan Pamatang Silimakuta, Kabupaten Simalungun.

Pada akhir Desember 2018 lalu, tepatnya 31 Desember 2018, Saya Pulang kampung halaman (Hutaimbaru) dengan menggunakan sepeda motor (dalam bahasa kampung saya disebuit kereta).

Saya naik sepeda motor sendiri dari Desa Sipoldas, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun (kampung mertua St A Sinaga (+) / M Br Purba Pakpak). Saya memilih lewat Tongging dan bukan dari Simpang Bage menuju Hutaimbaru.

Dari Tongging hingga Sibolangit, Pea, Kabupaten Karo, jalan mulus terawat. Memasuki wilayah Bage, Kecamatan Pamatang Silimahuta jalan motor yang saya kenderai harus hati-hati karena jalan tak lagi mulus.

Sepanjang jalan hingga Dusun Hutaimbaru, harus menahan nafas dan harus berdiri diatas motor agar pantat tak sakit terkena benturan jalan penuh batu-batu berserakan. 

Tapi pada saat itu (Desember 2018-Januari 2019) jalan lintas Bage-Baluhut-Soping Sabah-Soping-Hutaimbaru-Nagori Purba-Gaol-Binangara-Sihalpe lumayan datar karena dilakukan pengerasan oleh pekerja yang dibayar oleh Jarusdin Sinaga.

Jarusdin Sinaga menyanggupi perbaikan atau pengerasan jalan yang rusak parah dari Bage hingga Sihalpe hingga bisa dilalui kenderaan. Meski tanpa diaspal, setidaknya jalan datar dan tak ada batu-batu besar nongol di tengah jalan. 

Ternyata menurut St Berlin Manihuruk, Jarusdin Sinaga sudah membuat kontrak politik tanpa mahar dengan masyarakat Bage-Baluhut-Soping Sabah-Soping-Hutaimbaru-Nagori Purba-Gaol-Binangara-Sihalpe. Kontraknya yakni meratakan jalan dengan alat berat dari Bage hingga Sihalpe.

Permintaan warga itupun disanggupi dan warga Bage-Baluhut-Soping Sabah-Soping-Hutaimbaru-Nagori Purba-Gaol-Binangara-Sihalpe berkomitmen untuk memilih Jarusdin Sinaga sebagai wakil mereka di DPRD Kabupaten Simalungun Periode 2019-2024. 

“Semua pemilih dari Bage-Baluhut-Soping Sabah-Soping-Hutaimbaru-Nagori Purba-Gaol-Binangara-Sihalpe sudah berkomitmen memilih Jarusdin Sinaga. Sat itu Tulangmu Jaya Damanik (caleg Nasdem) dating kerumah (Hutaimbaru). Terus saya bilang, kalau warga sudah berkomitmen memilih Jarusdin Sinaga. Jikapun ada memilih Tulangmu Itu mungkin hanya Omakmu (alani Br Damanik) ai,” ujar St Berlin Manihuruk kepada penulis.

Dan terbukti, pada hasil rekapitulasi KPU Simalungun, Jarusdin Sinaga terpilih sebagai Anggota DPRD Kabupaten Simalungun dari Partai Hanura. Setidaknya ada 4 Anggota DPRD Simalungun dari Hanura yakni 1. Sardin Gultom, 2. Esron Simbolon, 3. Suriawan, 4.  Jarusdin Sinaga.

Saat penulis menyinggung soal Caleg DPR RI dapil Sumut III kepada St Berlin Manihuruk, secara gamblang St Berlin Manihuruk menyebutkan kalau pilihan mereka kepada Dr Sortaman Saragih (Perindo). 

Meski tak lolos ke Senayan, mereka memberikan suara kepada Dr Sortaman Saragih karena sudah "menghidupkan" kembali RS GKPS Bethesda Saribudolok. Warga juga mengucapkan selamat kepada DR Junimart Girsang yang lolos ke Senayan meskipun tak mereka pilih. 

Kok Bisa? Dulu Pileg April 2014 lalu kan memilih DR Junimart Girsang? Ternyata alasannya, warga Bage-Baluhut-Soping Sabah-Soping-Hutaimbaru-Nagori Purba-Gaol-Binangara-Sihalpe menilai Junimart Girsang tak menepati janjinya untuk mendukung pembangunan jalan lingkar Danau Toba dari Bage hingga Haranggaol. 

Kata St Berlin Manihuruk, selama ini Junimart Girsang memberikan makan orang kampong, namun pada Pileg April 2019, warga Bage-Baluhut-Soping Sabah-Soping-Hutaimbaru-Nagori Purba-Gaol-Binangara-Sihalpe meminta aksi nyata seperti yang telah dilakukan Jarusdin Sinaga. 

Pantas warga Bage-Baluhut-Soping Sabah-Soping-Hutaimbaru-Nagori Purba-Gaol-Binangara-Sihalpe menyebut Jarusdin Sinaga sebagai Anggota DPRD Simalungun “termahal” dalam memberikan tindakan nyata. (Asenk Lee Saragih)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar