Ticker

6/recent/ticker-posts

Tonggo Saripe Ala PPTSB Tungkal Ulu Provinsi Jambi


Tonggo Saripe Ala PPTSB Tungkal Ulu Provinsi Jambi, Sabtu (11/5/2024).

Jambi- PPTSB Cababang Tungkal Ulu-Batang Asam sudah melaksanakan Muscab ke-3 lebih kurang 5 bulan yang lalu. Pelantikan pengurus yang sudah terpilih tidak dapat dilaksanakan sesegera mungkin oleh karena berbagai faktor. Rencana pelantikan pada akhir Mei 2024 atau awal Juni 2024.

Untuk memantapkan rencana pelantikan, ketua cab Tungkal Ulu-Batang Asam  terpilih memohon agar kami berkenan datang. Saya sebagai Ketwil, Tigor (wakil sekrewil) dan Ir. Abdel Sinaga (ket dewan penasehat cab) datang hari ini,  Sabtu 11 Mei 2024.

Pada hari Sabtu ini, warga PPTSB berkumpul di  rumah Op ni Josua Sinaga (+)/br. Sitorus. Keluarga ini akan menikahkan anak yang no 2; Gunawan Sinaga. Rencana pemberkatan dan unjuk pada tangal 18 Mei 2024.

Untuk mempersiapkan pelaksanaan unjuk pada tangal 18 tersebutlah warga Sinaga, boru, bere/i kumpul dan disebut dengan istilah tonggo saripe.

Tonggo saripe;  menunjuk siapa raja parhata, siapa protokol, siapa-siapa parhobas, siapa-siapa yang mendistribusikan undangan serta berbagai hal yang terkait dengan pemberkatan dan pesta unjuk.


Di Tungkal Ulu ini, tonggo saripe biasanya dilaksanakan pada siang hari. Malamnya dilanjutkan dengan TONGGO STM/DONGAN SAHUTA. Tonggo ini tetap diawali makan bersama sebagaiman tonggo saripe. 

Pada acara tonggo STM ini, dongan sahuta yang diundang lebih kurang 100 orang. Yang menjadi suhut adalah semua marga Sinaga/boru/bere/i. Tujuan Tonggo STM ini untuk menghormati sekaligus mengundang semua warga/dongan sahuta. Tentang pelantikan pengurus, akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Juni 2024. Semoga sukses!!!!!!!!!

Drs Albertus Sinaga MPd 
Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi.

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar