Panitia Sediakan 2 Unit Motor Hadiah Pesta Bona Taon PPTSB Se Kota Jambi

Written By PPTSB JAMBI on Kamis, 30 Januari 2020 | 09.50

Panitia Sediakan 2 Unit Motor Hadiah Pesta Bona Taon PPTSB Se Kota Jambi.
Jambi-Panitia Pesta Syukuran Awal Tahun (Bona Taon) Kerabat Marga (Parsadaan Pomparan) Toga Sinaga dohot Boru (PPTSB) Se Kota Jambi menyediakan dua hadiah utama berupa 2 unit Sepeda Motor pada Pesta Bona Taon PPTSB Se Kota Jambi yang akan dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Kotabaru Kota Jambi, Minggu 09 Februari 2020 mulai Pukul 08.00 WIB.

Dari salinan undangan Pesta Bona Taon PPTSB Se Kota Jambi yang sudah beredar pada Anggota PPTSB Se Kota Jambi, panitia menuliskan tentang hadiah 2 Unit Sepeda Motor dan hadiah hiburan lainnya. 

“Raih kesempatan mendapatkan hadiah 2 Unit Sepeda Motor dan hadiah-hadiah menarik lainnya yang disediakan panitia melalui penjualan Kupon Lucky Draw dan Doorprize,” tulis Ketua Panitia F.D Sinaga/ Br Manurung didampingi Sekretaris Panitia R Sinaga/ Br Siahaan dan diketahui Ketua Pengurus PPTSB Cabang Kota Jambi Ir A Sinaga/ Br Tampubolon.

Seperti diketahui, Pesta Bona Tahun PPTSB Cabang se Kota Jambi terakhir kali dilaksanakan pada Sabtu 5 Maret 2016 yang dihadiri sekitar 2.500 jiwa anggota PPTSB Cabang Se Kota Jambi.

Selain Pesta Bona Taon PPTSB Se Kota Jambi, agenda pada Minggu 9 Februari 2020 diantaranya Pelantikan Pengurus Cabang dan Pengurus Sektor Periode 2020-2025 sesuai dengan hasil  Musyawarah Cabang PPTSB Se Kota Jambi yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Budi Mulia, Mayang, Kota Jambi, Minggu 1 Desember 2019 lalu. Muscab itu dihadiri setiap Pengurus PPTSB Sektor (8 Sektor) Se Kota Jambi dengan mengirimkan 8 orang perwakilan (unsur pengurus, komisaris dan ruas) untuk menghadiri Muscab PPTSB Se Kota Jambi.

Guna memantapkan persiapan Pesta Bona Taon PPTSB Se Kota Jambi ini, Panitia dan Pengurus akan melakukan Rapat Ceking Terakhir di Rumah Kelaurga A.Lia Sinaga/Br Simorangkir, Alamat Pagar Drum 16-Kota Jambi, Jumat 31 Januari 2020 Pukul 15.00 WIB.

Tradisi Adat Budaya

Pesta "bona taon" atau biasa disebut pesta awal tahun merupakan acara rutin setiap awal tahun yang diselenggarakan perkumpulan marga suku Batak atau perkumpulan warga (suku Batak) di perantauan. Pesta Bona Taon ini adalah pesta sukacita dan penuh kegembiraan kepada seluruh anggota kumpulan yang juga merupakan tradisi Adat Budaya Batak.

Biasanya, acara pesta “Bona Taon” diawali dengan ibadah singkat dilanjutkan makan siang bersama. Kemudian laporan pertanggung jawaban panitia pesta dan tentu saja pengurus perkumpulan marga berkaitan program kerja serta kondisi keuangan yang sudah berjalan dalam setahun penuh.  

Akhirnya, acara paling ditunggu-tunggu adalah “manortor” menari bersama yang diatur secara berkelompok dan bergiliran. Tentunya “manortor” ini diiringi musik yang membuat suasana semarak dan meriah sambil mengumpulkan uang melalui sawer-menyawer. Adapun uang yang terkumpul akan digunakan untuk membiayai pesta sekaligus mengisi kas keuangan kumpulan marga.

Pesta “Bona Taon” ini adalah tradisi tahunan yang memang rutin dilaksanakan di awal tahun. Tidak heran bila sepanjang bulan Januari-Februari-Maret bahkan hingga April ratusan perkumpulan Marga Suku Batak di Jambi secara khusus saat weekend (Jumat-Minggu), gedung-gedung pertemuan biasanya akan ramai dengan acara pesta "bona taon".(Asenk Lee Saragih)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PPTSB JAMBI | | Copyright © 2012. PPTSB JAMBI -Komunitas PPTSB WILAYAH JAMBI