Home » , , , » Mangihut Sinaga Optimis Maju di Pilkada Samosir

Mangihut Sinaga Optimis Maju di Pilkada Samosir

Written By PPTSB JAMBI on Rabu, 20 November 2019 | 17.59

Ketua Umum Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru (PPTSB) Pusat, Mangihut Sinagabertemu dengan Para Tokoh Sinaga di Naga Lapo Jakarta, 15 November 2019. (Foto Istimewa)
Toga Sinaga Dipertaruhkan di Pilkada Samosir
Samosir-Ketua Umum Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru (PPTSB) Pusat, Mangihut Sinaga optimis maju di Pilkada Bupati Samosir September 2020 mendatang. Niat keterpanggilan Mangihut Sinaga untuk membangun tanah leluhur Samosir sudah terbesit sejak dua tahun lalu.

“Lebih kurang 2 tahun lalu, dalam percakapan yang cukup santai, Ketum PPTSB Pusat Amanta Mangihut Sinaga melontarkan keinginannya untuk berbuat terhadap Kabupaten Samosir. Lambat perkembangan Samosir ini, begitu kata beliau,” ujar Ketua Departemen Informasi dan Komunikasi PPTSB Pusat Drs Albertus Sinaga MPd, Rabu (20/11/2019).

Menurut Albertus Sinaga, saat itu tak terpikir bahwa Mangihut Sinaga akan mau duduk di Pemerintahan Kabupaten Samosir mengingat karir Mangihut Sinaga cukup cemerlang di Kejagung RI dengan masa tugas masih lebih kurang 5 tahun lagi.

“Pembicaraan malah saya alihkan terhadap Mubes XIV PPTSB tahun 2018. Saya amat berharap agar beliau tetap pemegang tampuk pimpinan PPTSB pada periode berikut,” ujarnya. 
Mangihut Sinaga Optimis Maju di Pilkada Samosir
Disebutkan, pertengahan tahun 2019, keinginan Mangihut Sinaga yang terlontar 2 tahun lalu untuk berbuat terhadap Kabupaten Samosir, membayang jelas.

“Diawali dengan kedatangan utusan marga Sinaga dan beberapa Anggota DPRD ke Jakarta pada awal Oktober 2019. Mereka meminta dengan sangat agar Mangihut Sinaga bersedia sebagai Cabup Kabupaten Samosir,” kata Drs Albertus Sinaga.

“Setelah melalui berbagai pertimbangan yang matang, termasuk dari keluarga, pada tanggal 23 Oktober 2019, Mangihut Sinaga mengambil formulir pendaftaran sebagai calon bupati Samosir dari Partai NasDem dan juga telah mendaftar ke Gerindra,” kata Albertus Sinaga.

Disebutkan, berita Ketum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga akan ikut meramaikan Pilkada Kabupaten Samosir menyebar luas dengan cepat. Berbagai tanggapan muncul. Berita bersileweran, ragu, penuh tanya, apalagi Amanta Juang Sinaga terdengar kuat masih 1 paket dengan Amanta Rapidin Simbolon. Sisi lain, Amanta Walden Hood Sinaga sudah bersosialisasi di Kabupaten Samosir sebagai Samosir 1.

Namun pada Tanggal 26 Oktober 2019 lalu, Mangihut Sinaga mulai melangkah pasti bersosialisasi. Amanta Mangihut Sinaga bertemu dengan beberapa tokoh  di Sirait Samosir. Bahkan Amanta Brigjen Marhuale Simbolon dan Amanta Martua Sitanggang yang nota bene ikut juga meramaikan bursa cabup/cawabup ikut merapat.

“Kemudian pada tanggal 2 November 2019, keraguan dan berbagai spekulasi mulai sirna. Amanta Mangihut  Sinaga minta doa restu dari lebih kurang 1.500 orang warga Kabupaten Samosir.  Acara yang disebut dengan *PADOS TAHI*  tersebut dilaksanakan di Sopo Mardame Tugu Toga Sinaga.  Beliau memaparkan keinginan serta visi misi singkat. Beberapa tokoh, baik itu Sinaga marga lain yang merupakan perwakilan dari tiap daerah atau kecamatan di Samosir, menyatakan dukungan penuh terhadap  Amanta Mangihut Sinaga,” ujar Albertus Sinaga yang juga Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi ini.

Disebutkan, kiprah Mangihut Sinaga dalam membesarkan PPTSB di bidang organisasi, telah terbentuk 17 PPTSB Wilayah dan lebih dari 120 Cabang. Mangihut Sinaga sendiri yang melantik hampir semua pengurus PPTSB Wilayah dan pengurus Cabang yang tidak mempunyai wilayah.
Salam Komando Mangihut Sinaga dengan Martua Sitanggang.
“Tak mengenal lelah dan jenuh. Bahkan ketika bertugas di Menado, beliau terbang ke Kuala Namu dan selanjutnya naik darat untuk melantik pengurus cabang di Aceh Tenggara. Sejak kepemimpinan beliau, warga Toga Sinaga telah menyatu dalam wadah PPTSB. Begitu mudahnya koneksi sesama warga Toga Sinaga sekarang ini,” ujar Albertus Sinaga.

Lebih jauh Albertus Sinaga menjelaskan, dalam bidang lain, Mangihut Sinaga telah banyak membantu warga Toga Sinaga dalam mencari pekerjaan atau mereposisi jabatan. Ada yang di swasta, ASN atau BUMN/BUMD.

“Berkaca dari kepemimpinan beliau di PPTSB, Kabupaten Samosir bisa lebih cepat maju dan berkembang. Beliau tipe eksekutor. Bukan suatu hal yang mudah menukar guling gedung PPTSB di Kenanga Raya dan membangun Gedung Tosin di Jalan Terompet, Medan. Banyak hal yang harus diterobos untuk merevilitasi lokasi Tugu Toga Sinaga. Beliau tegar dan penuh percaya diri disertai berbagai pengorbanan untuk mengeksekusi pembangunan gedung Tosin dan Tugu Toga Sinaga tersebut,” terang Albertus Sinaga.

“Beliau juga banyak berkorban waktu, pikiran, tenaga dan materi untuk membangun organisasi PPTSB. Terobosan dan ketulusan hati beliau telah menjadikan PPTSB kuat dan mengakar serta dikenal publik,” katanya.

“Seorang kawan akrab, bertanya kepada saya. "Bagaimana dengan Amanta Juang Sinaga?" Saya jawab bahwa saya amat dekat dengan beliau. Saya par-Palipi, beliau par- Hatoguan. Kami satu SMP dulu di Pangururan. Akrab dan sering berkomunikasi. Saking akrabnya, dia tak sungkan mampir dan nginap di rumah wakta dia naik darat dari Samosir ke Tangerang,” kata Albertus Sinaga.

Dijelaskan, dalam hubungannya dengan mardongan tubu, beliau santun dan selalu menghargai partuturon. Dalam konteks PPTSB, beliau sudah banyak berbuat. Beliau mantan Ketua Wilayah PPTSB Banten. Di Samosir, dalam kapasitasnya sebagai Ketua Cabang, beliau  telah mendorong terbentuknya sector-sektor sudah lebih kurang 51 sektor yang beliau lantik.

“Terhadap warga Samosir, beliau cukup dekat. Di akar rumput beliau selalu hadir, apalag kalao ada acara suka maupun duka. Amanta Mangihut Sinaga melangkah pasti sebagai Cabup Samosir. Amanta Juang Sinaga pun, konon  akan tetap digandeng Amanta Rapidin Simbolon sebagai wakilnya,” katanya.

“Politik itu dinamis. Kita berharap banyak, amanta Mangihut Sinaga bergandengan tangan dengan amanta Juang Sinaga. Tapi, bila saatnya mereka tetap berbeda jalan, pilihan harus pasti. Amanta Mangihut Sinaga harus kita menangkan. Marwah PPTSB taruhannya. Sisi lain, kita ingin *SAMOSIR 1* bukan *SAMOSIR 2*. Bravo PPTSB, bravo Amang Mangihut  Sinaga. Salam takjim buat Amanta Juang Sinaga. Horasma,” demikian Albertus Sinaga. (Asenk Lee Saragih)
Gedung Tosin di Jalan Terompet, Medan.

“Kemudian pada tanggal 2 November 2019, keraguan dan berbagai spekulasi mulai sirna. Amanta Mangihut  Sinaga minta doa restu dari lebih kurang 1.500 orang warga Kabupaten Samosir.  Acara yang disebut dengan *PADOS TAHI*  tersebut dilaksanakan di Sopo Mardame Tugu Toga Sinaga.  Beliau memaparkan keinginan serta visi misi singkat. Beberapa tokoh, baik itu Sinaga marga lain yang merupakan perwakilan dari tiap daerah atau kecamatan di Samosir, menyatakan dukungan penuh terhadap  Amanta Mangihut Sinaga,” ujar Albertus Sinaga yang juga Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi ini.

Tugu Toga Sinaga di Urat Samosir

Tugu Toga Sinaga di Urat Samosir

Ketua Umum Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru (PPTSB) Pusat, Mangihut Sinagabertemu dengan Para Tokoh Sinaga di Naga Lapo Jakarta, 15 November 2019. (Foto Istimewa)

Ketua Umum Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru (PPTSB) Pusat, Mangihut Sinagabertemu dengan Para Tokoh Sinaga di Naga Lapo Jakarta, 15 November 2019. (Foto Istimewa)
 

 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PPTSB JAMBI | | Copyright © 2012. PPTSB JAMBI -Komunitas PPTSB WILAYAH JAMBI