Home » , , , » (Video) Malam Hiburan Rakyat Pada Mubes PPTSB Ke 14 Tahun 2018 Samosir

(Video) Malam Hiburan Rakyat Pada Mubes PPTSB Ke 14 Tahun 2018 Samosir

Written By PPTSB JAMBI on Selasa, 27 November 2018 | 12.43

PPTSB Harus Bermanfaat Bagi Anggota dan Semua Orang
Penampilan Musik Tradisional Sinaga Urat Samosir Saat malam Hiburan Mubes PPTSB XIV Tahun 2018 di Urat Samosir, Kamis 18 Oktober 2018. Foto Asenk Lee Saragih

Samosir-Pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) Organisasi Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Dohot Boru (PPTSB) Ke XIV Tahun 2018 yang dilaksanakan di  Aula (OpenStage) Mardame Komplek Tugu Toga Sinaga, Desa Urat II, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara usai sudah. Puncak Mubes PPTSB itu ditandai dengan terpilihnya kembali Mangihut Sinaga SH MH sebagai Ketua Umum PPTSB Pusat Periode 2018-2022 dan dilantik pada Minggu 21 Oktober 2018 di Komplek Tugu Toga Sinaga, Desa Urat II, Kecamatan Palipi, Samosir.

Pelaksanaan Mubes PPTSB Ke XIV berlangsung sejak tanggal Kamis 18 Oktober 2018 hingga Minggu 21 Oktober 2018. Susunan acara Mubes PPTSB Ke XIV seperti Kamis 18 Oktober 2018 registrasi check in peserta di lokasi Mubes. Pada malam harinya dilanjutkan kata sambutan Ketua Panitia Mubes, Ketum PPTSB Pusat dan diakhiri Hiburan /Pesta Rakyat.

Ketua Panitia Mubes PPTSB XIV Drs Martua Sinaga MM dalam sambutannya mengatakan, Mubes PPTSB dilaksanakan sekali empat tahun sejak organisasi PPTSB dibentuk 78 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 15 Desember 1940.

“Kitapun kagum kepada pendahulu kita bahwa mereka sudah melaksanakan pesan para Leluhur yaitu Si Tolu Ompu Si Sia Ama yang diimplementasinya mereka selalu bersama-sama baik dalam suka maupun duka. Mubes ini adalah salah satu bukti bagaimana marga Sinaga selalu bersatu dan menjaga persatuan yang dating dari seluruh penjuru Nusantara dengan segala kelebihan dan kekurangannya berkumpul untuk menetapkan kebijakan PPTSB kedepan serta memilih Pimpinan dan Pengurus PPTSB Periode 2018-2022. 

Disebutkan, Mubes PPTSB XVI tahun 2018 hal penting yang didiskusikan dan diputuskan adalah Penguatan dan Perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga terutama perubahan organisasi PPTSB sesuai dengan tuntutan jaman namun tidak mengesampingkan peran “Si Tolu Umpu Si Sia Ama” di dalam organisasi. 

“Selain itu Panitia telah menyiapkan dokumen Rencana Strategis (Restra) sebagai pegangan dan panduan PPTSB untuk menjalankan program kerja empat tahun kedepan sekaligus pekerjaan Pimpinan dan Pengurus PPTSB Periode 2018-2022,” ujar Martua Sinaga. Restra PPTSB ini juga telah dibahas dalam Sidang Mubes PPTSB XIV pada Jumat 19 Oktober 2018.  

Kemudian Ketua Umum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga SH MH dalam sambutannya pada Kamis malam mengatakan, PPTSB lahir pada 15 Desember 1940 dan pada tahun 2018 memasuki usia yang ke 78 Tahun. Selama kurun waktu 78 Tahun, PPTSB telah melakukan Mubes 14 kali. 

“Banyak hal yang telah dilakukan selama 8 tahun terakhir ini. Secara khusus PPTSB telah bergerak menuju Organisasi Modern. Proses pemilihan pengurus dilakukan melalui sebuah Musyawarah sesuai dengan tingkatan dan dalam Musyawarah dilakukan evaluasi program 4 tahun terakhir sekaligus pembahasan program 4 tahun kedepan,” ujar Mangihut Sinaga.

Menurut Mangihut Sinaga, PPTSB hadir untuk memupuk persatuan dan kesatuan, baik di kalangan sendiri maupun marga lain, termasuk dengan suku-suku lain yang ada di masyarakat Indonesia. Marga Sinaga sungguh menyadari bahwa persatuan dan kesatuan bukanlah tujuan akhir, melainkan merupakan sasaran antara untuk meningkatkan kualitas dan kuntitas hidupnya sehari-hari, sebagai Visi PPTSB “Terwujudnya Persatuan dan Kesatuan Marga Siaga”. 

“Selama 4 tahun terakhir, Pengurus Pusat PPTSB telah melakukan revitalisasi Asset-asset, baik yang berada diMedan (Kantor PPTSB dan Wisma/Gedung Pertemuan Tosim) serta di area Tugu Toga Sinaga (Sopo Mardame, Musholla, MCK, Rumah Adat yang berfungsi sebagai Museum, Taman dan Open Stage). Harapan kami, pengurus Pusat Periode 2018-2022 lebih meningkatkan program yang sudah kita mulai. Tak luma juga saya sampaikan selamat datang kepasa Peserta Mubes dari Papua hingga Aceh. Horas..Horas..Horas,” kata Mangihut Sinaga.

Usai sambutan, dilanjutkan dengan Pesta Hiburan rakyat yang menampilkan Elexis Trio, Trio Sinaga, Sinaga Sister, Musik Tradisional Sinaga, Remaja Sinaga Sister Urat Samosir. Ribuan warga Samosir memadati lokasi Tugu Toga Sinaga tempat berlangsungnya acara.(Asenk Lee)
 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PPTSB JAMBI | | Copyright © 2012. PPTSB JAMBI -Komunitas PPTSB WILAYAH JAMBI