Home » , , , » Buku “Toga Sinaga dan Perkembangannya”

Buku “Toga Sinaga dan Perkembangannya”

Written By PPTSB JAMBI on Selasa, 27 November 2018 | 13.19

Buku “Toga Sinaga dan Perkembangannya”
Samosir-Pada Mubes PPTSB XIV Tahun 2018 di Urat II Samosir, juga teah diluncurkan Buku “Toga Sinaga dan Perkembangannya” oleh Drs Albertus Sinaga MPd (Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi) dan Tim Pengumpul Data Marihot Sinaga, Oskar Sinaga, Maslen Sinaga. 

Buku  “Toga Sinaga dan Perkembangannya” dibagikan kepada seluruh Peserta Mubes sesuai dengan kesepakatan Panitia. Buku “Toga Sinaga dan Perkembangannya” setebal 248 halaman ini dibagi 4 Bab. Bab IV “Kantor PPTSB /Gedung Tosim, Bab III Tugu Toga Sinaga, Bab II Organisasi Toga Sinaga, Bab I Toga Sinaga.   

Drs Albertus Sinaga MPd dalam kata pengantar Buku “Toga Sinaga dan Perkembangannya” menuliskan, Puji Syukur kepada Tuhan yang Maha Pengasih, berkat ridho serta anugerah-Nyalah buku ini dapat rampung. Tuhan membimbing, menerangi dan member kesabaran kepada semua yang terlibat dalam penulisan buku ini.

Penulisan buku ini diawali dengan penunjukan “Tim Penulis” melalui keputusan rapat terbatas Pengurus PPTSB Pusat pada 30 Juni 2017 di Ruang Rapat Kantor PPTSB Medan. Tim diminta untuk menulis “sejarah PPTSB”. 

“Sejak penunjukan, tim bekerja keras untuk mengumpulkan dokumen-dokumen yang terkait dengan Toga Sinaga serta PPTSB. Bolak-balik ke Medan untuk mengumpulkan sumber-sumber data yang dibutuhkan, serta juga menghubungi para pengurus, tokoh-tokoh serta para pelaku sejarah Toga Sinaga. Namun kami sadari bahwa buku ini masih jauh dari yang diharapkan. Banyak fakta yang belum terungkap dan bahkan mungkin ada yang kurang cermat serta kurang sistematis. Bahkan mungkin ada data yang premature. Untuk itu, dengan rendah hati, kami mohon maaf,” kata Drs Albertus Sinaga MPd yang pada saat Mubes PPTSB XIV Urat Samosir kurang sehat dan harus dirujuk dan dirawat di RS Siloam Medan. 

Pada rapat kerja terbatas 30 Juni 2017 di Kantor PPTSB Medan, muncul salah satu ide, gagasan yang sangat luar biasa dari Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd, yang mengusulkan untuk menerbitkan satu buku sejarah tentang PPTSB yang bertujuan agar sejarah itu dapat disumbangkan bagi generasi muda marga Sinaga.

“Saya selaku pimpinan rapat menyetujui gagasan tersebut, dan sekaligus menunjuk Bapak Drs Albertus Sinaga sebagai ketua tim penyusunan buku yang berjudul “Toga Sinaga dan Perkembangannya”. Tentu, masih banyak kekurangan atau mungkin terlupakan kenangan atau sejarah yang tidak termuat dalam buku ini karena keterbatasan tenaga dan waktu. Oleh karena itu saya berharap atas kekurangan tersebut dapat kita beri masukan untuk perbaikan di masa yang akan dating,” kata Mangihut Sinaga SH MH, Ketua Umum PPTSB Pusat dalam pengantar Buku itu. 

Mubes PPTSB XIV Tahun 2018 sudah berakhir, namun Program dan “buah” dari Mubes PPTSB itu hendaknya diterapkan dan disosialisasikan oleh para Peserta Mubes PPTSB XIV kepada seluruh Anggota PPTSB di daerah masing-masing secara berjenjang. Semoga. 

Terimakasih Juga Penulis Ucapkan Kepada Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd dan Bendahara Panitia Mubes PPTSB XIV Ir Guntur Sinaga MM yang menfasilitasi segala sesuatunya dalam Peliputan Mubes PPTSB XIV di Urat Samosir. (Asenk Lee Saragih)












 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PPTSB JAMBI | | Copyright © 2012. PPTSB JAMBI -Komunitas PPTSB WILAYAH JAMBI