Home » , , , , » Laporan Khusus Mubes PPTSB Ke XIV Tahun 2018

Laporan Khusus Mubes PPTSB Ke XIV Tahun 2018

Written By PPTSB JAMBI on Sabtu, 27 Oktober 2018 | 10.46

PPTSB Harus Bermanfaat Bagi Anggota dan Semua Orang
Prosesi Pelantikan Ketua Umum PPTSB Pusat Periode 2018-2022 Mangihut Sinaga SH MH pada Minggu 21 Oktober 2018 di Komplek Tugu Toga Sinaga, Desa Urat II, Kecamatan Palipi, Samosir. Inser Delegasi PPTSB Jambi Foto Bersama dengan Ketum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga SH MH.
Prosesi Pelantikan Ketua Umum PPTSB Pusat Periode 2018-2022 Mangihut Sinaga SH MH pada Minggu 21 Oktober 2018 di Komplek Tugu Toga Sinaga, Desa Urat II, Kecamatan Palipi, Samosi
Samosir-Pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) Organisasi Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Dohot Boru (PPTSB) Ke XIV Tahun 2018 yang dilaksanakan di  Aula (OpenStage) Mardame Komplek Tugu Toga Sinaga, Desa Urat II, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara usai sudah. Puncak Mubes PPTSB itu ditandai dengan terpilihnya kembali Mangihut Sinaga SH MH sebagai Ketua Umum PPTSB Pusat Periode 2018-2022 dan dilantik pada Minggu 21 Oktober 2018 di Komplek Tugu Toga Sinaga, Desa Urat II, Kecamatan Palipi, Samosir.

Pelaksanaan Mubes PPTSB Ke XIV berlangsung sejak tanggal Kamis 18 Oktober 2018 hingga Minggu 21 Oktober 2018. Susunan acara Mubes PPTSB Ke XIV seperti Kamis 18 Oktober 2018 registrasi check in peserta di lokasi Mubes. Pada malam harinya dilanjutkan kata sambutan Ketua Panitia Mubes, Ketum PPTSB Pusat dan diakhiri Hiburan /Pesta Rakyat.

Ketua Panitia Mubes PPTSB XIV Drs Martua Sinaga MM dalam sambutannya mengatakan, Mubes PPTSB dilaksanakan sekali empat tahun sejak organisasi PPTSB dibentuk 78 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 15 Desember 1940.

 

“Kitapun kagum kepada pendahulu kita bahwa mereka sudah melaksanakan pesan para Leluhur yaitu Si Tolu Ompu Si Sia Ama yang diimplementasinya mereka selalu bersama-sama baik dalam suka maupun duka. Mubes ini adalah salah satu bukti bagaimana marga Sinaga selalu bersatu dan menjaga persatuan yang dating dari seluruh penjuru Nusantara dengan segala kelebihan dan kekurangannya berkumpul untuk menetapkan kebijakan PPTSB kedepan serta memilih Pimpinan dan Pengurus PPTSB Periode 2018-2022. 

Disebutkan, Mubes PPTSB XVI tahun 2018 hal penting yang didiskusikan dan diputuskan adalah Penguatan dan Perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga terutama perubahan organisasi PPTSB sesuai dengan tuntutan jaman namun tidak mengesampingkan peran “Si Tolu Umpu Si Sia Ama” di dalam organisasi. 

“Selain itu Panitia telah menyiapkan dokumen Rencana Strategis (Restra) sebagai pegangan dan panduan PPTSB untuk menjalankan program kerja empat tahun kedepan sekaligus pekerjaan Pimpinan dan Pengurus PPTSB Periode 2018-2022,” ujar Martua Sinaga. Restra PPTSB ini juga telah dibahas dalam Sidang Mubes PPTSB XIV pada Jumat 19 Oktober 2018.
Ketua Panitia Mubes PPTSB XIV Drs Martua Sinaga MM memberikan cindramata kepada Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM (kiri) disaksikan Wakil Bupati Samosir Ir Juang Sinaga (tengah) pada Pembukaan Mubes PPTSB XIV Tahun 2018 di Urat II Samosir, Jumat (18/10/2017). Foto Asenk Lee Saragih
Kemudian Ketua Umum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga SH MH dalam sambutannya pada Kamis malam mengatakan, PPTSB lahir pada 15 Desember 1940 dan pada tahun 2018 memasuki usia yang ke 78 Tahun. Selama kurun waktu 78 Tahun, PPTSB telah melakukan Mubes 14 kali. 

“Banyak hal yang telah dilakukan selama 8 tahun terakhir ini. Secara khusus PPTSB telah bergerak menuju Organisasi Modern. Proses pemilihan pengurus dilakukan melalui sebuah Musyawarah sesuai dengan tingkatan dan dalam Musyawarah dilakukan evaluasi program 4 tahun terakhir sekaligus pembahasan program 4 tahun kedepan,” ujar Mangihut Sinaga.

Menurut Mangihut Sinaga, PPTSB hadir untuk memupuk persatuan dan kesatuan, baik di kalangan sendiri maupun marga lain, termasuk dengan suku-suku lain yang ada di masyarakat Indonesia. Marga Sinaga sungguh menyadari bahwa persatuan dan kesatuan bukanlah tujuan akhir, melainkan merupakan sasaran antara untuk meningkatkan kualitas dan kuntitas hidupnya sehari-hari, sebagai Visi PPTSB “Terwujudnya Persatuan dan Kesatuan Marga Siaga”. 

“Selama 4 tahun terakhir, Pengurus Pusat PPTSB telah melakukan revitalisasi Asset-asset, baik yang berada diMedan (Kantor PPTSB dan Wisma/Gedung Pertemuan Tosim) serta di area Tugu Toga Sinaga (Sopo Mardame, Musholla, MCK, Rumah Adat yang berfungsi sebagai Museum, Taman dan Open Stage). Harapan kami, pengurus Pusat Periode 2018-2022 lebih meningkatkan program yang sudah kita mulai. Tak luma juga saya sampaikan selamat datang kepasa Peserta Mubes dari Papua hingga Aceh. Horas..Horas..Horas,” kata Mangihut Sinaga.

Usai sambutan, dilanjutkan dengan Pesta Hiburan rakyat yang menampilkan Elexis Trio, Trio Sinaga, Sinaga Sister, Musik Tradisional Sinaga, Remaja Sinaga Sister Urat Samosir. Ribuan warga Samosir memadati lokasi Tugu Toga Sinaga tempat berlangsungnya acara. 

Marilah Kita Sehati 

Acara Mubes PPTSB XIV tahun 2018 dilanjutkan pada Jumat 19 Oktober 2018. Agenda hari itu meliputi Ibadah Kebaktian, Pembukaan Mubes, Pembekalan Materi, Pengarahan Persidangan Mubes, Pleno Pimpinan Sidang Sementara.  
 
Pada Ibadah Pembukaan Mubes PPTSB XIV, Firman Tuhan disampaikan Pdt Dr Deonal Sinaga MTh (Praeses HKBP Distrik Silindung).  Pdt Dr Deonal Sinaga MTh mengambil Nats Firman sejalan dengan Tema Mubes PPTSB “Marilah Kita Sehati, Sepikir Dalam Satu Kasih, Satu Jiwa dan Satu Tujuan” dengan Subtema “Dengan Semangat Mubes, Kita Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan PPTSB Bersama Pemerintah Melestarikan Danau Toba dan Mensukseskan Pemilu 2019”. 
Pdt Dr Deonal Sinaga MT. Foto-Foto Asenk Lee Saragih
Dalam Kotbahnya Pdt Dr Deonal Sinaga MTh menekankan bahwa PPTSB harus peduli sesame dan bermanfaat bagi anggota dan masyarakat sekitarnya. Dia juga mengharapkan kalau dengan adanya Organisasi PPTSB, jangan ada lagi Anggota PPTSB yang tidak sekolah karena kemiskinan, sulit berobat karena ekonomi. 

“Dengan organisasi PPTSB yang semakin modern dan maju, kita harapkan tak ada lagi anggota PPTSB yang tidak sekolah karena kemiskinan, sulit berobat karena tak memiliki biaya. Mari PPTSB peduli sesame dan bermanfaat bagi seluruh anggota dan masyarakat sekitarnya. Marilah Kita Sehati, Sepikir Dalam Satu Kasih, Satu Jiwa dan Satu Tujuan untuk saling peduli,” ujarnya.

Usai ibadah, dilanjutkan Pembukaan Mubes oleh Ketum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga SH MH ditandai dengan Memukul Gong sebanyak 3 kali dan 9 kali sebagai symbol “Si Tolu Umpu Si Sia Ama”. Acara pembukaan Upacara Nasional Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta yang dimpimpin oleh Ketum PPTSB Mangihut Sinaga, Laporan Panitia, Pidato Ketua Umum PPTSB dan Sambutan Undangan (Bupati Samosir).

Turut hadir dalam acara Pembukaan Mubes PPTSB XIV itu Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon, Wakil Bupati Samosir Ir Juang Sinaga, Tokoh batak Dr RE Nainggolan, Bupati Dairi 2019-2023 Eddy Kelleng Ate Berutu, Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga, Ketua DPRD Samosir Rismawati Simarmata, Kapolres Samosir AKBP Agus Darojat, Kajari Samosir Budi Herman, Pimpinan OPD serta Pengurus DPP, DPW dan DPC PPTSB Se-Indonesia.

Ketua Panitia Mubes PPTSB XIV Drs Martua Sinaga, MM dalam laporannya menyampaikan Mubes XIV 2018 PPTSB dihadiri dari seluruh Indonesia berjumlah 331 orang dari atensi ( yang mendaftar ) 367 orang dari 15 wilayah.

Selain untuk pemilihan Pengurus baru periode selanjutnya, dalam Mubes ini akan dilaksanakan penyusunan Rencana Strategis PPTSB, perubahan nomenklatur dalam AD/ART serta memperkaya AD/ART seiring kemajuan jaman dan tuntutan organisasi modern. Oleh karena itu, diharapkan para peserta memberikan masukan, ide dan pemikiran demi kemajuan PPTSB.

Kawasan Strategis Wisata

Ketua Umum PPTSB Mangihut Sinaga, SH, MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa organisasi PPTSB merupakan organisasi yang maju dan sangat eksis sejak didirikan 15 Desember 1940 silam. Terbukti dengan telah melakukan 14 kali Mubes secara terus menerus. Ini menunjukkan bahwa Pompatan Toga Sinaga, Sitolu Oppu Sisia Ama, memiliki komitmen, kebersamaan dan persatuan dalam membangun PPTSB. 
Pemukulan Gong Oleh Ketua Umum PPTSB Mangihut Sinaga, SH, MH tanda dibukanya Mubes PPTSB XIV Tahun 2018 di Aula (OpenStage) Mardame Komplek Tugu Toga Sinaga, Desa Urat II, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (19/10/2018). Foto Asenk Lee Saragih

Pelaksanaan Mubes XIV 2018 dikatakan Mangihut, menjadi sejarah dan momentum istimewa karena dilaksanakan di komplek Tugu Toga Sinaga, Urat Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir.

Dia mengatakan Samosir sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang telah ditetapkan oleh Pemerintah pusat, menjadi salah satu perhatian dari PPTSB untuk mendukung serta bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun pariwisata Samosir. PPTSB siap membantu dan mendukung Pemkab Samosir untuk melestarikan budaya untuk peningkatan pariwisata di Kabupaten Samosir.

"Beliau (Bupati-red) mengatakan Samosir sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, menjadi salah satu perhatian dari PPTSB untuk mendukung serta bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun pariwisata Samosir. PPTSB siap membantu dan mendukung Pemkab Samosir untuk melestarikan budaya untuk peningkatan pariwisata di Kabupaten Samosir," ujar Mangihut.

Bupati Apresiasi

Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM dan Wakil Bupati Samosir Ir Juang Sinaga menyampaikan terimakasih dan selamat atas terlaksananya kegiatan PPTSB. 
Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM (kiri) dan Wakil Bupati Samosir Ir Juang Sinaga menyampaikan terimakasih dan selamat atas terlaksananya kegiatan PPTSB di Urat II Samosir, Jumat (18/10/2017). Foto Asenk Lee Saragih

 

“Selamat datang di Kabupaten Samosir Negeri Indah Kepingan Surga, PPTSB merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan yang sangat eksis. Hal ini menggambarkan bahwa Pomparan Toga Sinaga memiliki kebersamaan dan komitmen yang luar biasa. Komitmen ini didukung oleh pengabdian yang tulus dari Ketua Umum dan pengurus PPTSB,” kata Rapidin Simbolon MM saat memberikan sambutan didampingi Wakil Bupati Samosir Ir Juang Sinaga.

Menurut Rapidin Simbolon, salah satu bukti nyata adalah pembangunan Komplek Tugu Sinaga yang menjadi salah satu objek wisata budaya di Kabupaten Samosir. 

Guna mendukung PPTSB dalam mengbangkan adat Budaya maka di tahun 2019 Pemkab Samosir akan memberikan Dana Hibah sebesar 200 Juta dimana dana tersebut di tujukan untuk membuat satu event pertunjukan budaya oleh PPTSB, yang akan diplot menjadi salah satu agenda pariwisata Horas Samosir Fiesta.

Lebih lanjut Rapidin Simbolon mengajak kepada para Pomparan PPTSB bersama sama membangun dan mempromosikan Samosir agar lebih berkembang sampai mancanegara agar seluruh Wisatawan mengetahui ke indahan Pulau Samosir Negeri Indah Kepingan Surga.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon juga mengapresiasi kepemimpinan Ketua Umum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga  dan jajaran pengurus yang telah mampu memajukan PPTSB seperti saat ini. “Dari jejak keberhasilan Ketum PPTSB, sudah selayaknya Beliau dipercaya untuk mememimpin PPTSB selanjutnya,” ujar Rapidin Simbolon yang disambut tepuk tangan para undangan dan peserta Mubes.

Rapidin Simbolon juga mengucapkan terimakasih kepada Parsadaan Pomparan Toga Sinaga (PPTSB) se-dunia yang menggelar musyawarah besar (Mubes) di Aula Mardame, Komplek Tugu Toga Sinaga, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Wakil Bupati Juang Sinaga menyampaikan terima kasih dan selamat atas terlaksananya kegiatan PPTSB.

“Selamat datang di Kabupaten Samosir Negeri Indah Kepingan Surga, PPTSB merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan yang maju. Dengan dilaksanakannya Mubes PPTSB se Indonesia di Samosir ini, menambah pendapatan masyarakat dan juga Pemerintah,” katanya.

Menurut Rapidin Simbolon, Pomparan Toga Sinaga memiliki kebersamaan dan komitmen yang luar biasa. “Komitmen ini didukung oleh pengabdian yang tulus dari Ketua Umum Mangihut Sinaga dan pengurus PPTSB," sebutnya.

Salah satu bukti nyata eksistensi PPTSB menurut Rapidin Simbolon, pembangunan komplek Tugu Sinaga telah menjadi salah satu objek wisata budaya di Kabupaten Samosir.

Pembekalan Materi

Pada Mubes PPTSB XIV juga dilakukan Pembekalan Materi kepada Peserta Mubes yakni “Rencana Strategis PPTSB” yang disampaikan Drs Martua Sinaga MM dengan Moderator Jawali Sinaga. Pembekalan “Penguatan Organisasi PPTSB” oleh Dr Timbul Sinaga SE, Prof Dr Jhon Piter Sinaga dengan Moderator Gabarel Sinaga SP.


Pemateri Prof Dr Jhon Piter Sinaga.
Pemaparan Dr Timbul Sinaga menjelaskan soal Organisasi PPTSB yang modern dan berkembang oleh partisipasi anggota. Penguatan sumber pendanaan juga diperkuat dari partisipasi anggota PPTSB. 

Kemudian  Prof Dr Jhon Piter Sinaga juga menekankan bahwa Pengurus Sektor PPTSB harus lebih diperhatikan karena Pengurus Sektor PPTSB yang memiliki anggota dan berhadapan langsung dengan anggota. 

Pada Jumat 19 Oktober 2018 sore hingga malam, dilanjutkan dengan Pemilihan Pimpinan Sidang Sementara yang diketuai oleh Dr Timbul Sinaga dan Prof Dr Jhon Piter Sinaga. Pada Pleno I ini dengan agenda Pengesahan Kredential dan Quorum Mubes, Penetapan Jadwal Acara Mubes, Penetapan Peserta dan Peninjau Mubes, Penetapan Tata Tertib Mubes dan Pemilihan Pimpinan Sidang Tetap Mubes PPTSB XIV. 

Sidang Pleno

Pada Sidang Pleno II Sabtu 20 Oktober 2018 pagi yakni Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Pusat PPTSB Periode 2014-2018 dan Yayasan Tosim oleh Ketua Umum PPTSB Mangihut Sinaga dan jajaran Pengurus. 

Kemudian tanggapan dari Pengurus PPTSB Wilayah dan Cabang-cabang dan selanjutnya Pegesahan LPJ dan Penetapan Demisioner Pengurus Pusat PPTSB Periode 2014-2018. 

Selanjutnya pada Pleno III pembagian Komisi sekaligus rapat komisi. Komisi I : Pembahasan Pokok-Pokok Program Kerja dan Keuangan PPTSB Periode 2018-2022 (Renstra). Komisi II: Pembahasan Perubahan AD/ART PPTSB (Lokasi di HKBP Urat II) dan Penguatan Organisasi. 

Komisi III: Pembahasan Tentang pengelolaan Asset/Parartaon PPTSB, Yayasan dan Badan Hukum PPTSB. Komisi IV: Pembahasan Tentang Politik. Komisi V: Pembahasan Sejarah, Adat dan Tarombo. Komisi VI: Panitia Nominasi dan Kriteria Pengurus Pusat PPTSB. Pembahasan seluruh komisi berjalan dengan baik dan pada Pleno IV dilanjutkan Paripurna Hasil Sidang-Sidang Komisi. 

Mangihut Sinaga SH MH

Pada Pleno V yang berlangsung pada Sabtu malam berjalan dengan baik yakni dengan musyawarah mufakat. Pada Pleno V ini agendanya yakni Pemilihan Ketua Umum PPTSB dan Formatur serta Sidang Formatur untuk menetapkan Sususan Pengurus Pusat, Penasehat Pusat, Pakar dan Pengawas Pusat PPTSB Periode 2018-2022. 
Mangihut Sinaga SH MH.
Pada Pemilihan Ketua Umum, Mangihut Sinaga SH MH masih menjadi “Idola” peserta Mubes PPTSB XIV Tahun 2018. Untuk kali ketiga Periode Mangihut Sinaga dipercaya untuk mengemban tugas sebagai Ketum PPTSB Pusat. Hal itu berdasarkan penilaian peserta Mubes terhadap kepemimpinan Mangihut Sinaga selama 8 tahun terakhir. 

Kemudian Pleno VI Minggu 21 Oktober 2018 yakni Pengumuman Sususan dan Komposisi Pengurus Pusat, Penasehat Pusat, Pakar dan Pengawas Pusat PPTSB Periode 2018-2022 dan Penutupan Sidang Mubes XIV. 

Pada Minggu 21 Oktober 2018 Pukul 09-11.00 WIB acara Pelantikan Pengurus Pusat PPTSB Periode 2018-2022 di Komplek Tugu Toga Sinaga Desa Urat II, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir. Selanjutnya upacara Penutupan Ibadah Kebaktian yang Kotbah disampaikan oleh Pdt Demora Sinaga MTh.

Mubes PPTSB XIV Tahun 2018 berakhir dengan makan siang bersama dan ramah tamah serta Chek Out dari penginapan masing-masing peserta Mubes. Peserta Mubes berangsung meninggalkan Samosir dengan berbagai tujuan daerah asal melalui Pelabuhan Tomok, Pelabuhan Simanindo, Bandara Internasional Silangit. 

Buku “Toga Sinaga dan Perkembangannya”
Pada Mubes PPTSB XIV Tahun 2018 di Urat II Samosir, juga teah diluncurkan Buku “Toga Sinaga dan Perkembangannya” oleh Drs Albertus Sinaga MPd (Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi) dan Tim Pengumpul Data Marihot Sinaga, Oskar Sinaga, Maslen Sinaga.
Pada Mubes PPTSB XIV Tahun 2018 di Urat II Samosir, juga teah diluncurkan Buku “Toga Sinaga dan Perkembangannya” oleh Drs Albertus Sinaga MPd (Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi) dan Tim Pengumpul Data Marihot Sinaga, Oskar Sinaga, Maslen Sinaga. 

Buku  “Toga Sinaga dan Perkembangannya” dibagikan kepada seluruh Peserta Mubes sesuai dengan kesepakatan Panitia. Buku “Toga Sinaga dan Perkembangannya” setebal 248 halaman ini dibagi 4 Bab. Bab IV “Kantor PPTSB /Gedung Tosim, Bab III Tugu Toga Sinaga, Bab II Organisasi Toga Sinaga, Bab I Toga Sinaga.   

Drs Albertus Sinaga MPd dalam kata pengantar Buku “Toga Sinaga dan Perkembangannya” menuliskan, Puji Syukur kepada Tuhan yang Maha Pengasih, berkat ridho serta anugerah-Nyalah buku ini dapat rampung. Tuhan membimbing, menerangi dan member kesabaran kepada semua yang terlibat dalam penulisan buku ini.

Penulisan buku ini diawali dengan penunjukan “Tim Penulis” melalui keputusan rapat terbatas Pengurus PPTSB Pusat pada 30 Juni 2017 di Ruang Rapat Kantor PPTSB Medan. Tim diminta untuk menulis “sejarah PPTSB”. 

“Sejak penunjukan, tim bekerja keras untuk mengumpulkan dokumen-dokumen yang terkait dengan Toga Sinaga serta PPTSB. Bolak-balik ke Medan untuk mengumpulkan sumber-sumber data yang dibutuhkan, serta juga menghubungi para pengurus, tokoh-tokoh serta para pelaku sejarah Toga Sinaga. Namun kami sadari bahwa buku ini masih jauh dari yang diharapkan. Banyak fakta yang belum terungkap dan bahkan mungkin ada yang kurang cermat serta kurang sistematis. Bahkan mungkin ada data yang premature. Untuk itu, dengan rendah hati, kami mohon maaf,” kata Drs Albertus Sinaga MPd yang pada saat Mubes PPTSB XIV Urat Samosir kurang sehat dan harus dirujuk dan dirawat di RS Siloam Medan. 

Pada rapat kerja terbatas 30 Juni 2017 di Kantor PPTSB Medan, muncul salah satu ide, gagasan yang sangat luar biasa dari Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd, yang mengusulkan untuk menerbitkan satu buku sejarah tentang PPTSB yang bertujuan agar sejarah itu dapat disumbangkan bagi generasi muda marga Sinaga.

“Saya selaku pimpinan rapat menyetujui gagasan tersebut, dan sekaligus menunjuk Bapak Drs Albertus Sinaga sebagai ketua tim penyusunan buku yang berjudul “Toga Sinaga dan Perkembangannya”. Tentu, masih banyak kekurangan atau mungkin terlupakan kenangan atau sejarah yang tidak termuat dalam buku ini karena keterbatasan tenaga dan waktu. Oleh karena itu saya berharap atas kekurangan tersebut dapat kita beri masukan untuk perbaikan di masa yang akan dating,” kata Mangihut Sinaga SH MH, Ketua Umum PPTSB Pusat dalam pengantar Buku itu. 

Mubes PPTSB XIV Tahun 2018 sudah berakhir, namun Program dan “buah” dari Mubes PPTSB itu hendaknya diterapkan dan disosialisasikan oleh para Peserta Mubes PPTSB XIV kepada seluruh Anggota PPTSB di daerah masing-masing secara berjenjang. Semoga. Terimakasih Juga Penulis Ucapkan Kepada Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd dan Bendahara Panitia Mubes PPTSB XIV Ir Guntur Sinaga MM yang menfasilitasi segala sesuatunya dalam Peliputan Mubes PPTSB XIV di Urat Samosir. (Asenk Lee Saragih) 


Gallery Foto Mubes PPTSB XIV Tahun 2018

Penulis (Infokom PPTSB Jambi) Foto Bersama dengan Elexis Trio dan Ketua Sektor IV PPTSB Cabang Kota Jambi Sabarudin Sinaga SH (Kanan).

Penasehat PPTSB Wilayah Provinsi Jambi Uba Sinaga (ke tiga dari kanan) foto bersama dengan Elexis Trio dan Naimalvinas (Pelawak Batak).



Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd (kanan) Hadir di Pembukaan Mubes PPTSB XIV Tahun 2018 di Urat II Samosir, Jumat (19/10/2018). Meski Kurang Sehat, Tetap Semangat Hadir di Pembukaan Mubes.

Foto Bersama di Pembukaan Mubes PPTSB XIV Tahun 2018 di Urat II Samosir, Jumat (18/10/2017). Foto Asenk Lee Saragih

Foto Bersama di Pembukaan Mubes PPTSB XIV Tahun 2018 di Urat II Samosir, Jumat (18/10/2017). Foto Asenk Lee Saragih

Foto Bersama di Pembukaan Mubes PPTSB XIV Tahun 2018 di Urat II Samosir, Jumat (18/10/2017). Foto Asenk Lee Saragih
Ketua Umum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga SH MH dan Istri dan Prof Dr Jhon Piter Sinaga membesuk Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd yang tengah dirawat inap di RS Silom Medan. dari Pembukaan PPTSB XIV Tahun 2018 di Urat II Samosir, Jumat (19/10/2018) Drs Albertus Sinaga mengalami sakit dan harus dirawat inap.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PPTSB JAMBI | | Copyright © 2012. PPTSB JAMBI -Komunitas PPTSB WILAYAH JAMBI