Ticker

6/recent/ticker-posts

Rapat BPH PPTSB Pusat Bahas Program Strategis

Suasana Rapat BPH PPTSB Pusat di Kantor PPTSB Pusat Medan, Ruang Rapat Wisma Tosin Jalan Bunga Tarompet No 139 Kota Medan, Sumut, Sabtu 25 Februari 2023. (Foto: Istimewa)


Medan-Rapat Badan Pengurus Harian (BPH) PPTSB Pusat membahas sejumlah program strategis PPTSB Pusat Periode 2022-2026. Rapat ini juga membahas soal persiapan Rapat Pleno PPTSB Pusat yang akan dilaksanakan 4 Maret 2023 serta Rakernas PPTSB Pusat 12-13 Mei 2023 di Urat Samosir.

Rapat BPH PPTSB Pusat ini dilaksanakan di Kantor PPTSB Pusat Medan, Ruang Rapat Wisma Tosin Jalan Bunga Tarompet No 139 Kota Medan, Sumut, Sabtu 25 Februari 2023.

Hadir pada rapat BPH PPTSB Pusat ini yakni Ketum PPTSB Pusat Ir Edison Sinaga, Waketum 1 Sairon Sinaga, Waketum 3 Drs Albertus Sinaga MPd, Sekjen PPTSB Pusat Eduard Sinaga, Wasekjen Mangaranap Sinaga, Wasekjen Maslen Sinaga.

Hadir juga Ketua 1 Dr Sahat Sinaga, M.Kn, Sekretaris 1 Dixon Sinaga, Ketua 2 Dr Aldon Sinaga, Sekretaris 2 Gabarel Sinaga, Sekretaris 3 Cyrus P. Sinaga.

Pembahasan dalam rapat BPH ini diantaranya Pokok Program bidang Perempuan dan Anak. Garis besarnya programnya yakni Mengembangkan kapasitas dan peran perempuan, Mengembangkan dan mendiseminasikan (menyebarluaskan) pola asuh anak di era digital, Mendorong Program layak anak ( hak sipil anak ) bagi keluarga PPTSB.

Kemudian Pokok Program bidang Pendidikan dan Tenaga Kerja yakni Memperluas jangkauan Beasiswa PPTSB berdasarkan cakupan wilayah, jenjang pendidikan maupun type pendidikan (formal maupun informal).

Kemudian mengembangkan layanan informasi lapangan kerja, mengembangkan Lembaga Pendidikan Keterampilan dan Inkubator Bisnis untuk pengembangan pelatihan keterampilan dan wirausaha.

Selanjutnya Pokok Program bidang Pemberdayaan Ekonomi dan Usaha dan Lingkungan Hidup diantaranya mengembangkan layanan konsultasi pengembangan usaha dan pengembangan produk, mengembangkan lembaga keuangan yang dapatmelayani kebutuhan modal usaha.

Juga membangun pengetahuan,pemahaman,kesadaran,kepedulian,dan partisipasi aktif warga PPTSB dalam program lingkungan hidup, mengembangkan kemitraan usaha UMKM dalam hal pelatihan dan pemasaran bersama dengan  mitra kerja seperti organisasi INTI (Indonesia dan Tionghoa) dan platform-platform digital.  

Pada rapat BPH PPTSB Pusat ini juga soal Program Kerja Bidang Perempuan dan Anak. Garis besar programnya yakni melatih kaum perembuan warga PPTSB  dalam membuat Ekoprint yang dapat menambah in come keluarga.

Mengenalkan dan meningkatkan pemahaman kaun perempuan dan anak warga PPTSB akan UU perlindungan perempuan, memperkenalkan perundungan (bully) anak pada kaun perempuan dan anak warga PPTSB, meningkatkan pemenuhan gizi dan ekonomi keluarga melalui pemanfaatan lahan rumah untuk pertanaman hidroponik.

Juga dibahas Pokok Program Bidang Informasi dan Komunikasi yang meliputi pengembangan kapasitas warga PPTSB sebagai pengguna informasi digital yang produktif dan bertanggung jawab (Society 5.0).


Kemudian mengembangkan penggunaan media informasi maupun media sosial guna meningkatkan paparan informasi seputar PPTSB, membangun komunikasi dan penyeluasan informasi yang mendorong rasa memiliki dan kecintaan anggota terhadap PPTSB.

Tambahan Program Dalam Diskusi

Pada rapat BPH PPTSB Pusat juga membicarakan atau rencana membuat Portal PPTSB Pusat yang lengkap dengan operator yang siap melakukan update informasi setiap hari.

Kemudian GWA Pengurus Pusat agar dikelola oleh Infokom. Semua berita-berita yang akan di informasikan ke GWA oleh semua unsur pengurus  pusat, supaya disampaikan ke Departemen Infokom, supaya sebelum diterbitkan/ ditayangkan isi berita akan dibuat dalam bentuk penulisan yang informatif dan benar sesuai dengan kaidah penulisan jurnalistik.

Kemudian Portal Galasibot.com agar dikelola oleh Departemen Infokom. Untuk itu Pengurus  Pusat supaya menerbitkan Surat Keputusan tentang Penugasan dan Pemberian Wewenang untuk melaksanakannya. 

Departemen Infokom akan membuat usulan Susunan Redaksi; (2) Rencana Sumber dan Anggaran Pembiayaannya dan hal lain yang diperlukan untuk itu.

Juga rencana penerbitan majalah cetak, apakah dengan tetap memakai nama  “GALASIBOT” atau misalnya supaya eye catching sepert “WARTA TOGA SINAGA  atau WARTA PPTSB” sehingga setiap orang yang membaca Cover atau Sampul dari majalah cetak tersebut langsung tau marga “SINAGA”.

Menjalin komunikasi dengan semua departemen untuk mensosialisasikan program masing-masing departemen supaya sampai ke tingkat akar rumput.

Pokok Program Bidang Sejarah, Adat, Seni Dan Budaya

Pada bidang ini mengembangkan program dokumentasi dan preservasi dokumentasi sejarah dan  konservasi produk budaya (adat dan seni) dalam lingkungan marga sinaga maupun  masyarakat Batak.

Pengembangan dan pelestarian situs sejarah dan cagar budaya yang berhubungan  dengan Toga Sinaga. Meningkatkan pendayagunaan fasilitas pelestarian sejarah, adat, seni dan budaya milik PPTSB sebagai media belajar dan sumber penyebarluasan informasi budaya  batak dan marga Sinaga. Memfasilitasi penyusunan silsilah tarombo Sinaga (Sitolu oppu si sia ama).

Program dalam Diskusi

Rencana Pesta Parolop-olopon pada tahun 2025 dalam rangka Ulang Tahun Hasadaon Pomparan Toga Sinaga dengan wujud monument Tugu Toga Sinaga yang ke-55 di Samosir.

Melakukan pelestarian dengan memperbaiki situs-situs yang ada hubungannya dengan Toga Sinaga. Meneruskan penulisan tentang Sejarah Toga Sinaga. Melanjutkan ke wujud nyata hasil napak tilas pomparan Ompu Jorang Raja yang sudah  dilaksanakan tahun 2021 yang lalu.

Menurut Waketum 3 PPTSB Pusat Drs Albertus Sinaga MPd yang juga menjabat sebagai Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi ini, pelaksanaan Rapat BPH PPTSB Pusat berjalan dengan baik. (Infokom/AsenkLeeSaragih) 

Galeri Foto Rapat BPH PPTSB Pusat 
























Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar