Ticker

6/recent/ticker-posts

Drs Albertus Sinaga MPd, Seorang Dosen yang Mendedikasikan Dirinya untuk Kebesaran Toga Sinaga

Drs Albertus Sinaga MPd, Seorang Dosen yang Mendedikasikan Dirinya untuk Kebesaran Toga Sinaga.

JAMBI-Militansinya untuk organisasi Toga Sinaga tak diragukan lagi. Mengabdikan diri dengan ikhlas tanpa pamrih untuk Toga Sinaga telah dimulainya sejak lama. Ikut mengurusi perkembangan Toga Sinaga di Jambi, dimulai dari menjabat sebagai Ketua Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru (PPTSB) Cabang Kota Jambi 2010 silam. Kemudian tetap setia menahkodai PPTSB Provinsi Jambi sejak 2016 hingga sekarang.
 
Dirinya sosok Tokoh Toga Sinaga yang bertangan dingin yang mampu manahkodai PPTSB Provinsi Jambi hingga perkembangannya sangat pesat. Kini keberadaan organisasi PPTSB di Provinsi Jambi sudah menyebar ke daerah kabupaten kota se Provinsi Jambi.

Lewat tangan dinginnya, perkembangan PPTSB Provinsi Jambi semakin nyata. Koordinasi yang dibangun antar pengurus PPTSB Pusat, PPTSB Wilayah hingga PPTSB Cabang, Sektor berjalan dengan baik dan berkesinambungan. Mendedikasikan diri diusia tak lagi muda untuk Toga Sinaga, sungguh pengabdian mulia bagi komunitasnya. 

Adalah Drs Albertus Sinaga MPd. Pria kelahiran Samosir 6 Juni 1958 ini telah membaktikan dirinya untuk kemajuan Toga Sinaga, termasuk di Provinsi Jambi. Suami tercinta dari Rohani Br Bakkara ini rela mengorbankan materi, waktu, pikiran bahkan perasaan demi kemajuan organisasi PPTSB. 

Sejak menjabat Ketua PPTSB Cabang Kota Jambi 2010 lalu, dirinya mendukung membuat sebuah media blog PPTSB Jambi sebagai publikasi dan dokumentasi seluruh kegiatan PPTSB Jambi. 

Dengan latar belakang sebagai seorang Dosen di Universitas Jambi NIP : 95806061986031005 (Pegawai Negeri Sipil) dengan Jabatan Fungsional Lektor Kepala (Dosen di Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Keahlian Bidang Pendidikan Bahasa (Sastra) Indonesia) Unja, Drs Albertus Sinaga MPd sadar akan pentingnya publikasi dan dokumentasi digital dalam pengembangan organisasi PPTSB.

Makanya sejak Drs Albertus Sinaga MPd menjabat Ketua PPTSB Cabang Kota Jambi 2010 lalu, menerbitkan sebuah Blog PPTSB Jambi yang sejak 4 tahun terakhir telah berubah jadi portal www.pptsbjambi.com. Seluruh kegiatan PPTSB Jambi terdokumentasi di portal tersebut.  
 
Sebagai Ketua Departemen Informasi dan Komunikasi PPTSB Pusat, Drs Albertus Sinaga MPd juga pernah memaparkan program kerja rencana pembuatan Website (Portal Daring) Toga Sinaga, (Rencana www.togasinaga.id) pada Rakernas PPTSB Pusat di Medan belum lama ini.

Menurut  Drs Albertus Sinaga MPd,  penerbitan Media Website Toga Sinaga guna mendukung keberadaan Organisasi Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru (PPTSB) yang modern saat ini. 

Hal itu tentunya harus didukung oleh suatu media berbasis Online untuk mempublikasikan Kegiatan PPTSB, seperti Musyawarah Besar (Mubes) PPTSB Ke XIV Tahun 2018 yang telah berlangsung di Komplek Tugu Toga Sinaga Desa Urat II, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara pada 18-20 Oktober 2018 lalu. Penyebaran permukiman warga PPTSB di Indonesia, bahkan Dunia juga cukup luas sehingga lewat media Daring bisa diakses secara luas.

Kemudian ditengah meningkatnya jumlah Anggota PPTSB dengan penyebaran tempat tinggal yang cukup luas, sarana komunikasi yang bisa dimanfaatkan menjalin komunikasi masih sangat minim. Hal tersebut disebabkan belum adanya media komunikasi  khusus Toga Sinaga secara permanen berbasis Online.

Menyadari hal tersebut, kata Drs Albertus Sinaga, maka Departemen Informasi dan Komunikasi PPTSB Pusat  Kepengurusan 2018-2022 berupaya menghadirkan sebuah media komunikasi berbasis digital (daring) bagi warga PPTSB. Media komunikasi tersebut kami terbitkan dalam bentuk Online Rencana “www.togasinaga.id”.

Portal www.togasinaga.id sebagai salah satu Media Dokumentasi Digital Kegiatan PPTSB Pusat dan lainnya. Seiring perkembangan Dunia Teknologi Informasi, penerbitan Portal www.togasinaga.id untuk dapat diakses secara luas, khususnya menjangkau seluruh komunitas warga masyarakat Toga Sinaga.

Maksud dan tujuan penerbitan www.togasinaga.id untuk membangun suatu wadah komunikasi dan informasi bagi seluruh warga Toga Sinaga atau PPTSB se Indonesia dan Dunia dengan melibatkan orang-orang berkompeten di seluruh Indonesia bahkan dunia soal teknologi informasi publikasi. Meningkatkan komunikasi di tengah warga PPTSB.

Kemudian tujuan penerbitan www.togasinaga.id, menjadi Media Dokumen Digital Kegiatan PPTSB Pusat dan lainnya. Juga menyajikan informasi mengenai berbagai aktivitas atau kegiatan warga Toga Sinaga atau PPTSB di Seluruh Indonesia yang dapat dikirimkan kepada Infokom PPTSB Pusat untuk diterbitkan. Baik aktivitas sosial, budaya, ekonomi, kerohanian dan kegiatan lainnya.

Selain itu, juga meningkatkan pemberitaan tentang kehidupan warga Toga Sinaga secara luas sebagai salah satu upaya mempererat rasa kepedulian di tengah warga PPTSB. Menyajikan Kepengurusan Organisasi PPTSB Pusat, Wilayah, Cabang Se Indonesia. 

Juga menerbitkan berita kegiatan anggota PPTSB Se Indonesia yang sumber informasinya dari Group WA PPTSB Wil/Cab Se Indonesia yang sudah ada. Juga menyajikan berita advertorial dan benner iklan usaha anggota PPTSB dengan bekerjasama dengan Departemen Informasi dan Komunikasi PPTSB Pusat.

Namun kini dengan mulculnya Portal www.galasibot.co, Drs Albertus Sinaga MPd memberikan apresiasi. Perkembangan dunia digital saat ini telah membuka mata Toga Sinaga untuk membuat media “berdarah” Toga Sinaga yang dapat menghimpun jurnalis-jurnalis handal professional dari Anggota PPTSB di seluruh Indonesia. 

Keberadaan Portal www.galasibot.co diharapkan bisa merepresentasikan keberadaan organisasi PPTSb se Indonesia dan dunia. Konten-konten berita dari keluarga PPTSB tetap menghiasa wajah Portal www.galasibot.co. 
Drs Albertus Sinaga MPd, Seorang Dosen yang Mendedikasikan Dirinya untuk Kebesaran Toga Sinaga.

Buku Perkembangan Toga Sinaga

Sejak dilantik jadi Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi oleh Ketua Umum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga SH M Hum pada Sabtu 5 Maret 2016 lalu, Drs Albertus Sinaga MPd juga terpanggil dan sukses menulis Buku “Toga Sinaga dan Perkembangannya”.

Buku “Toga Sinaga dan Perkembangannya” telah diluncurkan Pada Mubes PPTSB XIV Tahun 2018 di Urat II Samosir, oleh Drs Albertus Sinaga MPd (Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi) dan Tim Pengumpul Data Marihot Sinaga, Oskar Sinaga, Maslen Sinaga. 

Buku  “Toga Sinaga dan Perkembangannya” dibagikan kepada seluruh Peserta Mubes sesuai dengan kesepakatan Panitia. Buku “Toga Sinaga dan Perkembangannya” setebal 248 halaman ini dibagi 4 Bab. Bab IV “Kantor PPTSB /Gedung Tosim, Bab III Tugu Toga Sinaga, Bab II Organisasi Toga Sinaga, Bab I Toga Sinaga.   

Drs Albertus Sinaga MPd dalam kata pengantar Buku “Toga Sinaga dan Perkembangannya” menuliskan, Puji Syukur kepada Tuhan yang Maha Pengasih, berkat ridho serta anugerah-Nyalah buku ini dapat rampung. Tuhan membimbing, menerangi dan memberi kesabaran kepada semua yang terlibat dalam penulisan buku ini.

Penulisan buku ini diawali dengan penunjukan “Tim Penulis” melalui keputusan rapat terbatas Pengurus PPTSB Pusat pada 30 Juni 2017 di Ruang Rapat Kantor PPTSB Medan. Tim diminta untuk menulis “sejarah PPTSB”. 

“Sejak penunjukan, tim bekerja keras untuk mengumpulkan dokumen-dokumen yang terkait dengan Toga Sinaga serta PPTSB. Bolak-balik ke Medan untuk mengumpulkan sumber-sumber data yang dibutuhkan, serta juga menghubungi para pengurus, tokoh-tokoh serta para pelaku sejarah Toga Sinaga. Namun kami sadari bahwa buku ini masih jauh dari yang diharapkan. Banyak fakta yang belum terungkap dan bahkan mungkin ada yang kurang cermat serta kurang sistematis. Bahkan mungkin ada data yang premature. Untuk itu, dengan rendah hati, kami mohon maaf,” kata Drs Albertus Sinaga MPd yang pada saat Mubes PPTSB XIV Urat Samosir kurang sehat dan harus dirujuk dan dirawat di RS Siloam Medan. 

Pada rapat kerja terbatas 30 Juni 2017 di Kantor PPTSB Medan, muncul salah satu ide, gagasan yang sangat luar biasa dari Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd, yang mengusulkan untuk menerbitkan satu buku sejarah tentang PPTSB yang bertujuan agar sejarah itu dapat disumbangkan bagi generasi muda marga Sinaga.

“Saya selaku pimpinan rapat menyetujui gagasan tersebut, dan sekaligus menunjuk Bapak Drs Albertus Sinaga sebagai ketua tim penyusunan buku yang berjudul “Toga Sinaga dan Perkembangannya”. Tentu, masih banyak kekurangan atau mungkin terlupakan kenangan atau sejarah yang tidak termuat dalam buku ini karena keterbatasan tenaga dan waktu. Oleh karena itu saya berharap atas kekurangan tersebut dapat kita beri masukan untuk perbaikan di masa yang akan dating,” kata Mangihut Sinaga SH MH, Ketua Umum PPTSB Pusat dalam pengantar Buku itu. 

Mubes PPTSB XIV Tahun 2018 sudah berakhir, namun Program dan “buah” dari Mubes PPTSB itu hendaknya diterapkan dan disosialisasikan oleh para Peserta Mubes PPTSB XIV kepada seluruh Anggota PPTSB di daerah masing-masing secara berjenjang. 
Drs Albertus Sinaga MPd, Seorang Dosen yang Mendedikasikan Dirinya untuk Kebesaran Toga Sinaga.

Drs Albertus Sinaga MPd Dilarikan Ke Rumah Sakit

Suasana Mubes Mubes PPTSB Ke XIV di Urat II Samosir-18-21 Oktober 2018 lalu, suatu momen yang tak terlupkan oleh Drs Albertus Sinaga MPd bersama keluarga. Betapa tidak, selain sukses menghadirinya dan peluncuran buku “Toga Sinaga dan Perkembangannya”, Drs Albertus Sinaga MPd saat itu harus dilarikan ke Rumah sakit di Medan karena mendadak sakit.

Sempat menjalani perawatan di Medan dan pada akhirnya menjalani oparasi di Penang, Malaysia. Puji Tuhan, kesehatan Drs Albertus Sinaga MPd sudah mulai pulih, sejak mengalami sakit saat mengikuti Mubes PPTSB Ke XIV di Urat II Samosir-18-21 Oktober 2018 lalu. Berkat Doa-Doa keluarga besar Anggota PPTSB dan dukungan moril lewat "Tali Kasih" , Drs A Albertus Sinaga MPd kini dalam pemulihan.

Berikut ini Ucapan terimakasih dari Drs Albertus Sinaga MPd yang dikutip dari Group WA PPTSB Jambi, Sabtu 10 November 2018.

Drs Albertus Sinaga MPd: Horas dan Selamat Hari Sabtu ma dihita Sude Namarsihaholongan. Khususna ruas ni PPTSB se Provinsi Jambi. Mauliate ma di Amanta Debata, mauliate di Hamu sude namanghaholongi Hami, Damang Dainang, sude Bapa nami, amang boru namboru, lae, ito suang songoni bere nang ibebere.

Alani gogo ni tangiang ni angka damang dainang suang songoni dohot bantuan dana, Puji Tuhan nunga mulak hami sian Penang nantoari (Jumat-9/11/2018). Sonari berangsur pulih jala nunga hujaha grup wa ta on mulai habis Mubes. 

“Terharu hian ahu manjaha perhatian dohot Tangiang ni angka damang dainang. Mudah-mudahan minggu depan nunga mulak hami tu Jambi. Jolo agak kuat jo. Mauliate, mauliate situtu ma tu angka damang, dainang. Anggiat tu horasna hita-hita tu joloan jala ditambai hasadaon disude. TUHAN MEMBERKATI HITA SUDE. Horasma," kata Drs Albertus Sinaga saat itu.

Meski dalam pemulihan kesehatan, Drs Albertus Sinaga tak henti-hentinya menjalankan organisasi PPTSB Jambi. Seperti sukses melaksanakan perayaan natal akbar perdana PPTSB Se- Wilayah Provinsi Jambi yang dilaksanakan di Gedung ASINIROHA Kotabaru Jambi, Minggu (9/12/2018). Sekitar 3000 anggota PPTSB Se Provinsi Jambi jadi saksi suksesnya perayaan natal yang luar biasa itu. Juga dihibur Alexis Trio dan Pengurus PPTSB Pusat Alpeda Sinaga dan Detrius Sinaga.

Kerinduan Besar

Sejak dilantik jadi Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi untuk periode kedua (2022-2026) pada pada Minggu 20 Februari 2022 lalu, Drs Albertus Sinaga MPd memiliki cita-cita besar yakni agar PPTSB Provinsi Jambi memiliki asset Gedung Pertemuan PPTSB Jambi.

Pada kesempatan itu, dihadapan Ketua Umum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga SH MH dan Istri, Kewil PPTSB Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd melantik Panitia Pengadaan Aset PPTSB Provinsi Jambi yang diketuai Tigor Sinaga.

Selanjutnya Pengurus Wilayah PPTSB Provinsi Jambi telah menyerahkan Rp 139 Juta sebagai modal awal panitia pengadaan asset PPTSB Wilayah Provinsi Jambi. Pengurus Wilayah PPTSB Provinsi Jambi telah membentuk panitia pengadaan asset yang bekarja selama 4 tahun untuk membuat gerakan pencarian untuk pengadaan lahan untuk pembangunan gedung pertemuan milik PPTSB Jambi.

Ketua  Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd didampingi pengurus lainya menyerahkan secara simbolis modal awal sebesar Rp 139 Juta kepada Ketua Panitia Pengadaan Aset PPTSB Provinsi Jambi, Tigor Sinaga didampingi Wakil ketua Sandro Sinaga dan Bendahara St Sahala Manullang pada acara pembubaran Panitia Musyawarah Wilayah (Muswil) PPTSB Provinsi Jambi dan Pelantikan Pengurus PPTSB Wilayah Provinsi Jambi di Resto Daynatabo Jambi, Minggu malam (13/3/2022).

Kemudian laporan pertanggungjawaban yang disampaikan ketua panitia Erick PH Sinaga didampingi Wakil Ketua Tigor Sinaga, Sekretaris St Friston R Sinaga SPd, Bendahara I Robinson Sigalingging SPd total pemasukan Rp 412,048.000 dari 84 donatur dan total pengeluaran Rp 163.239.000 dengan saldo Rp 248.809.000.   

Drs Albertus Sinaga MPd mengatakan, modal awal panitia asset dengan angka Rp 139 Juta, sebagai “angka keramat” Toga Sinaga. Dengan harapan panitia asset PPTSB Provinsi Jambi bekarja selama 4 tahun mewujudkan lahan untuk pembangunan gedung pertamuan milik PPTSB Jambi.

Drs Albertus Sinaga juga mengucapkan apresiasi kepada seluruh panitia, pengurus PPTSB cabang, sektor, wilayah se Provinsi Jambi yang mensukseskan kegiatan Muswil dan Pelantikan Pengurus Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Periode 2022-2026.

Juga mengucapkan apresiasi kepiawaian Ketua Umum Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru (PPTSB) Pusat Mangihut Sinaga SH MH dalam menggalang dana lewat lelang lagu pada Pelantikan Pengurus Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Periode 2022-2026 yang dilaksanakan di Gedung Abadi Convention Center (ACC) Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Pasar, Kota Jambi, Minggu 20 Februari 2022 lalu.

Selama menjabat ketua wilayah PPTSB Provinsi Jambi, Drs Albertus Sinaga sukses mendapatkan dana beasiswa pendidikan dari Yayasan Toga Sinaga (Tosin) untuk keluarga anggota PPTSB di Jambi. Juga telah melakukan aksi sosial selama pandemic covid-19 kepada keluarga anggota sinaga yang terdakpak ekonomi selama covid-19.

Semoga cita-cita besar Ompung Doli Evellin Rotua Sinaga (cucu “Panggoaran” Ketua Wilayah Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd/ Br Bakara) ini bisa terwujud guna melengkapi kehidupannya dan dedikasi untuk kelurga besar PPTSB di Provinsi Jambi. Semoga. (Asenk Lee Saragih Manihuruk/Infokom PPTSB Jambi)

Biodata Drs Albertus Sinaga MPd

Tempat Tanggal Lahir : Samosir, 6 Juni 1958
Istri: Rohani Br Bakkara
Anak: 1. Ronald Timoteus Hasudungan Sinaga/ Wahyuni Br Sianturi SKM.(Dua Anak)
2. Amri Antonius Marojahan Sinaga SE dengan Hariance Br Manurung SE. (Satu Anak)
3. Miani Dame Christin SH MSc (Sudah Menikah).
Riwayat Pendidikan
1. S2. Universitas Negeri Malang. Pendidikan Bahasa Indonesia Lulus Tahun 2001.
2. S1. Universitas Riau. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Lulus Tahun 1984. 
3. D4. Sekolah Pendidikan Guru (SPG). Program Studi Guru Sekolah Dasar Lulus Tahun 1979.
4. SMA/Sederajat. Sekolah Pendidikan Guru. Program Studi Sekolah Dasar Lulus Tahun 1979.
5. SMP/Sederajat. Sekolah Menengah Pertama Bersubsidi Budi Mulia Lulus Tahun 1975.
6. SD/Sederajat. Sekolah Dasar 6 Tahun Lulus Tahun  1971.  

Drs Albertus Sinaga MPd, Seorang Dosen yang Mendedikasikan Dirinya untuk Kebesaran Toga Sinaga.


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar