Home » , , » Prosesi Adat Saurmatua Ompung Tambos Br Manurung di Lumbanjulu Tobasa

Prosesi Adat Saurmatua Ompung Tambos Br Manurung di Lumbanjulu Tobasa

Written By PPTSB JAMBI on Selasa, 05 Maret 2019 | 11.58

Prosesi Adat Saurmatua Ompung Tambos Br Manurung di Lumbanjulu Tobasa, Sumut, Selasa 27 Februari 2019. Foto-Foto Kiriman Ketua PPTSB Tobasa Liber Sinaga.

PPTSB Berduka, Ibunda (Br Manurung) dari Saibun Sinaga dan Berman Sinaga Tutup Usia 

Tobasa-Prosesi Adat Saurmatua Op.Tambos Sinaga Boru (Br Manurung) Ibunda dari  Ir Saibun Sinaga/Br Silaen dan Berman Sinaga SE /Br Simajuntak yang meninggal dalam usia 88 tahun berjalan dengan baik. Prosesi Adat Saurmatua berlangsung di Lumban Julu, Tobasa, Sumut.

Anggota Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru (PPTSB) Bere Ibebere Se Dunia berdukacita. Saat meninggal jenazah diusung dari RS Herna Medan ke Rumah Duka di Jalan Sei Belutu No.69 Medan. Rabu (20/2/2019) malam Pukul 20.00 WIB Acara Parmisi Tu Natua-tua Ni Huta, karena Kamis (21/2/2019) Pukul 06.00 WIB, Jenazah Almarhum Ompung Br Manurung diusung ke Lumban Julu Tobasa  dengan Ambulance Toga Sinaga. 

Selanjutnya acara Ria Raja, Moppo, Adat Partuatna dan lainnya dilaksanakan di Lumban Julu Tobasa. Prosesi Adat Surmatua diantaranya Moppo Minggu 24 Februari 2019, Mambuat Tua Ni Gondang Senin 26 Februari 2019 dan Acara Partuatna Selasa 27 Februari 2019.

Acara Saur Matua Op Tambos Sinaga Br Manurung juga dari Huria setempat dalam memberikan penghiburan dan ucapan dukacita. Adat Mompo dilanjutkan dengan menyampaikan Ulos Saput Hulahula Manurung. Kemudian Gondang Pajongjong Borotan. Juga manortor Paniaran Sinaga. 

Dilanjutkan dengan Hulahula Manurung mangkehei Hasuhuton mengangkat sijagaron, agar jenazah diusung ke halaman rumah, pertanda acara adat akan dimulai. Kemudian Tortor Suhut disambut pamoruan selanjutnya diulosi hula-hula.

Selanjutnya mandokhata manortor Hulahula Manurung Pulogonting, Tulang Rorobot Sirait Sosor Ginjang dohot Pariban namangihut.

Juga mandokhata/manortor Pengurus PPTSB Pusat, Wilayah, Cabang Se Indonesia. Pengurus Pusat PPTSB yang hadir Sekjen Eduard Sinaga, Jenri Sinaga, Ny Hombar Sinaga. Wilayah: Paian Sinaga JR/ Nyonya Br Napitupulu, Ketua Wilayah PPTSB Sumut I, Ketua Wilayah PPTSB Kepri Radiapoh Sinaga dan Istri. Pengurus Cabang: L.P Sinaga (Medan), Karles Sinaga (P Siantar), dari Batam Liber Sinaga dan Pengurus PPTSB Sektor Se Tobasa.

Prosesi Adat Saurmatua Op.Tambos Sinaga Boru (Br Manurung) Ibunda dari  Ir Saibun Sinaga/Br Silaen dan Berman Sinaga SE /Br Simajuntak yang tutup usia (88 tahun) berjalan dengan baik hingga proses Pemakaman.

Sebelumnya Ketua Umum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga SH MH dan Rombongan Rabu (20/2/2019) lalu malam melayat ke rumah duka di Jalan Sei Belutu, Medan. Saat itu Ketum PPTSB memberikan peneguha n dan penghiburan.

Sementara Sekjend (Eduard Sinaga), Sekretaris I (Gorgamas),  Jenri Sinaga (Ketua Dewan Pengawas PPPTSB Pusat), dan Kecab PPTSB edan Barat ( Pak Okta Sinaga) juga melayat ( Op.Tambos ) di Rumah duka Jalan Sei Belutu 69 Medan.

Ir Saibun Sinaga menjabat sebagai Bendahara Umum PPTSB Pusat dan Berman Sinaga menjabat sebagai Ketua Departemen Pemberdayaan Ekonomi dan Usaha PPTSB Pusat. 

Ketua Wiayah PPTSB Provinsi Jambi yang juga menjabat Ketua Dept Infokom PPTSB Pusat Drs Alberstus Sinaga MPd menyampaikan Dukacita atas berpulangnya Ibunda tercinta dari Ir Saibun Sinaga dan Berman Sinaga SE.

Albertus Sinaga juga menceritakan kalau Ir  Saibun Sinaga/Br Silaen, dulu tinggal di Jambi mulai tahun 1982 hingga 1988. Dia sangat aktif di PPTSB dan pernah jadi Ketua PPTSB Kota Jambi Tahun 1984 hingga Tahun 1988. Saibun Sinaga dari Jambi pindah ke Kendari dan sekarang berdomisili di Jakarta.

Masih cerita Albertus Sinaga, sedangkan adiknya Berman Sinaga SE/Br Simajuntak, dulu waktu kuliah di Jambi juga sangat aktif di Naposo (GEMA) Kota Jambi. Berman Sinaga pernah menjabat Ketua Gema Tahun 1985 hingga Tahun 1988.

Berman Sinaga sekarang berdomisi di Batam. Di Batam, Berman Sinaga dua periode jadi Ketua Wilayah  PPTSB Provinsi Kepulauan Riau (KEPRI) dan sekarang jadi Penasehat PPTSB WIL KEPRI serta Ketua Dept Pemberdayaan Ekonomi dan Usaha PPTSB Pusat Periode 2019-2023.

Lewat Group WA PPTSB Wilayah-Cabang Se Indonesia, Pengurus PPTSB Wilayah, Cabang Se Indonesia mengucapkan Turut Berdukacita Atas Meninggalnya Ibunda tercinta dari Ir Saibun Sinaga dan Berman Sinaga SE. Semoga Keluarga yang Ditinggal Ompung Boru (Manurung) tabah dan diberikan kekuatan serta Prosesi Adat Saur Matua berjalan dengan baik. Turut Berdukacita. (Infokom/Asenk Lee) 

Catatan: Foto-Foto dan Data Kiriman Ketua PPTSB Tobasa Liber Sinaga 
4 Orang Bersaudara Anak Lakilaki dari Op.Tambos Sinaga Boru (Br Manurung). Foto-Foto Kiriman Ketua PPTSB Tobasa Liber Sinaga Lewat WA Infokom PPTSB
5 Orang Bersaudara Anak Perempuan dari Op.Tambos Sinaga Boru (Br Manurung).
Gallery Foto Prosesi Adat Saurmatua Ompung Tambos Br Manurung di Lumbanjulu Tobasa, Sumut. Foto-Foto Kiriman Ketua PPTSB Tobasa Liber Sinaga Lewat WA Infokom PPTSB .

 































Sekjen PPTSB Pusat Eduar Sinaga saat menyampaikan Sambutan.

Sekjen PPTSB Pusat Eduar Sinaga saat menyampaikan Sambutan.
















 











Gallery Foto Prosesi Adat Saurmatua Ompung Tambos Br Manurung di Lumbanjulu Tobasa, Sumut. Foto-Foto Kiriman Ketua PPTSB Tobasa Liber Sinaga Lewat WA Infokom PPTSB
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PPTSB JAMBI | | Copyright © 2012. PPTSB JAMBI -Komunitas PPTSB WILAYAH JAMBI