Home » , , , , , » Catatan Pinggir, LPJ Pengurus PPTSB Pusat Periode 2014-2018

Catatan Pinggir, LPJ Pengurus PPTSB Pusat Periode 2014-2018

Written By PPTSB JAMBI on Senin, 26 November 2018 | 18.35

Ketua Umum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga SH MH dan Jajaran Pengurus saat laporan pertanggung jawaban (LPJ), Sabtu (20/10/2018).
Samosir-Pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) Organisasi Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Dohot Boru (PPTSB) Ke XIV Tahun 2018 yang dilaksanakan di Aula (OpenStage) Mardame Komplek Tugu Toga Sinaga, Desa Urat II, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara telah terlaksana dengan baik. Namun selesainya Mubes XIV PPTSB, bukan berarti selesainya kerja dan program yang telah direncanakan sebelumnya.

Kali ini, kembali mengingat kembali dan mengevaluasi Program PPTSB Pusat Periode 2014-2018 seperti disampaikan Ketua Umum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga SH MH dan Jajaran Pengurus saat laporan pertanggung jawaban (LPJ), Sabtu (20/10/2018). 

Dalam  LPJ itu diutarakan apa-apa saja yang telah dilaksanakan dan apa yang harus diteruskan program-program PPTSB, baik jangka pendek maupun jangka panjang. 

Ketua Umum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga mengatakan, PPTSB lahir pada 15 Desember 1940 dan pada tahun 2018 memasuki usia yang ke 78 Tahun. Selama kurun waktu 78 Tahun, PPTSB telah melakukan Mubes 14 kali. 
(Video-Lagu-Mars-PPTSB)
(Baca: Pesona Tugu-Toga-Sinaga)
“Banyak hal yang telah dilakukan selama 8 tahun terakhir ini. Secara khusus PPTSB telah bergerak menuju Organisasi Modern. Proses pemilihan pengurus dilakukan melalui sebuah Musyawarah sesuai dengan tingkatan dan dalam Musyawarah dilakukan evaluasi program 4 tahun terakhir sekaligus pembahasan program 4 tahun kedepan,” ujar Mangihut Sinaga.

Menurutnya, PPTSB hadir untuk memupuk persatuan dan kesatuan, baik di kalangan sendiri maupun marga lain, termasuk dengan suku-suku lain yang ada di masyarakat Indonesia. Marga Sinaga sungguh menyadari bahwa persatuan dan kesatuan bukanlah tujuan akhir, melainkan merupakan sasaran antara untuk meningkatkan kualitas dan kuntitas hidupnya sehari-hari, sebagai Visi PPTSB “Terwujudnya Persatuan dan Kesatuan Marga Siaga”. 

“Selama 4 tahun terakhir, Pengurus Pusat PPTSB telah melakukan revitalisasi Asset-asset, baik yang berada di Medan (Kantor PPTSB dan Wisma/Gedung Pertemuan Tosim) serta di area Tugu Toga Sinaga (Sopo Mardame, Musholla, MCK, Rumah Adat yang berfungsi sebagai Museum, Taman dan Open Stage). Harapan kami, pengurus Pusat Periode 2018-2022 lebih meningkatkan program yang sudah dimulai,” ujarnya.

Kawasan Strategis Wisata

Menurut Mangihut Sinaga, organisasi PPTSB merupakan organisasi yang maju dan sangat eksis sejak didirikan 15 Desember 1940 silam. Terbukti dengan telah melakukan 14 kali Mubes secara terus menerus. Ini menunjukkan bahwa Pompatan Toga Sinaga, Sitolu Oppu Sisia Ama, memiliki komitmen, kebersamaan dan persatuan dalam membangun PPTSB. 

Pelaksanaan Mubes XIV 2018 dikatakan Mangihut, menjadi sejarah dan momentum istimewa karena dilaksanakan di komplek Tugu Toga Sinaga, Urat Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir.

 

Dia mengatakan Samosir sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang telah ditetapkan oleh Pemerintah pusat, menjadi salah satu perhatian dari PPTSB untuk mendukung serta bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun pariwisata Samosir. PPTSB siap membantu dan mendukung Pemkab Samosir untuk melestarikan budaya untuk peningkatan pariwisata di Kabupaten Samosir.

"Beliau (Bupati-red) mengatakan Samosir sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, menjadi salah satu perhatian dari PPTSB untuk mendukung serta bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun pariwisata Samosir. PPTSB siap membantu dan mendukung Pemkab Samosir untuk melestarikan budaya untuk peningkatan pariwisata di Kabupaten Samosir," ujar Mangihut.

Wisatawan manca negera telah mengetahui Komplek Tugu Toga Sinaga, Desa Urat II, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara salah satu obyek wisata Adat Budaya dan Sejarah di Samosir. 

Bahkan sejumlah event wisata juga telah dilaksanakan secara berkesinambungan di Komplek Tugu Toga Sinaga, Desa Urat II, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Seperti sarana Pertunjukan Musikan Tradisional, Kerajinan Tradisional, Pameran Kuliner Tradisional dan Seni Budaya Tradisional lainnya.

Sidang Pleno

Pada Sidang Pleno II Sabtu 20 Oktober 2018 pagi yakni Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Pusat PPTSB Periode 2014-2018 dan Yayasan Tosim oleh Ketua Umum PPTSB Mangihut Sinaga dan jajaran Pengurus. 

Kemudian tanggapan dari Pengurus PPTSB Wilayah dan Cabang-cabang dan selanjutnya Pegesahan LPJ dan Penetapan Demisioner Pengurus Pusat PPTSB Periode 2014-2018. 

Selanjutnya pada Pleno III pembagian Komisi sekaligus rapat komisi. Komisi I : Pembahasan Pokok-Pokok Program Kerja dan Keuangan PPTSB Periode 2018-2022 (Renstra). Komisi II: Pembahasan Perubahan AD/ART PPTSB (Lokasi di HKBP Urat II) dan Penguatan Organisasi. 

Komisi III: Pembahasan Tentang pengelolaan Asset/Parartaon PPTSB, Yayasan dan Badan Hukum PPTSB. Komisi IV: Pembahasan Tentang Politik. Komisi V: Pembahasan Sejarah, Adat dan Tarombo. Komisi VI: Panitia Nominasi dan Kriteria Pengurus Pusat PPTSB. Pembahasan seluruh komisi berjalan dengan baik dan pada Pleno IV dilanjutkan Paripurna Hasil Sidang-Sidang Komisi. 

Mangihut Sinaga SH MH

Pada Pleno V yang berlangsung pada Sabtu malam berjalan dengan baik yakni dengan musyawarah mufakat. Pada Pleno V ini agendanya yakni Pemilihan Ketua Umum PPTSB dan Formatur serta Sidang Formatur untuk menetapkan Sususan Pengurus Pusat, Penasehat Pusat, Pakar dan Pengawas Pusat PPTSB Periode 2018-2022. 

Pada Pemilihan Ketua Umum, Mangihut Sinaga SH MH masih menjadi “Idola” peserta Mubes PPTSB XIV Tahun 2018. Untuk kali ketiga Periode Mangihut Sinaga dipercaya untuk mengemban tugas sebagai Ketum PPTSB Pusat. Hal itu berdasarkan penilaian peserta Mubes terhadap kepemimpinan Mangihut Sinaga selama 8 tahun terakhir. 

Kemudian Pleno VI Minggu 21 Oktober 2018 yakni Pengumuman Sususan dan Komposisi Pengurus Pusat, Penasehat Pusat, Pakar dan Pengawas Pusat PPTSB Periode 2018-2022 dan Penutupan Sidang Mubes XIV. 

Pada Minggu 21 Oktober 2018 Pukul 09-11.00 WIB acara Pelantikan Pengurus Pusat PPTSB Periode 2018-2022 di Komplek Tugu Toga Sinaga Desa Urat II, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir. Selanjutnya upacara Penutupan Ibadah Kebaktian yang Kotbah disampaikan oleh Pdt Debora Sinaga MTh.

Mubes PPTSB XIV Tahun 2018 berakhir dengan makan siang bersama dan ramah tamah serta Chek Out dari penginapan masing-masing peserta Mubes. Peserta Mubes berangsung meninggalkan Samosir dengan berbagai tujuan daerah asal melalui Pelabuhan Tomok, Pelabuhan Simanindo, Bandara Internasional Silangit.(Asenk Lee Saragih)



 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PPTSB JAMBI | | Copyright © 2012. PPTSB JAMBI -Komunitas PPTSB WILAYAH JAMBI